85 WNI Korban Gempa Turki Minta Pulang ke Indonesia   

Dua jenazah WNI korban gempa juga akan dipulangkan

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa ada 85 Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan korban gempa Turki, akan dipulangkan ke Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

85 WNI akan dipulangkan bersamaan dengan dua jenazah WNI korban tewas gempa Turki, yang akan dimakamkan di Indonesia.

“Pesawat Garuda Indonesia yang akan membawa bantuan ke Turki, saat kembali akan membawa dua jenazah tersebut, plus 85 WNI yang terkena dampak dan mereka menginginkan kembali ke Indonesia,” kata Retno, saat melepas bantuan kemanusiaan di Halim Perdanakusumah, Selasa (21/2/2023).

1. Total ada 4 WNI yang meninggal

85 WNI Korban Gempa Turki Minta Pulang ke Indonesia   Wilayah Turki yang terdampak gempa cukup parah (blok merah). (Dok. KBRI Ankara)

Retno juga mengonfirmasi bahwa ada empat WNI yang meninggal akibat gempa Turki berkekuatan 7,8 M yang mengguncang negara tersebut dua pekan lalu.

“Terdapat empat WNI meninggal dunia akibat gempa, dua sudah dikebumikan di Turki dan dua lainnya akan dikebumikan di Indonesia sesuai dengan permintaan keluarga,” ucap Retno lagi.

Tercatat, ada 500 WNI yang kala itu tinggal di sekitar lokasi gempa bumi. Hingga saat ini, KBRI Ankara telah berhasil mengevakuasi 128 WNI.

Baca Juga: Gempa 6,3 Magnitudo Guncang Turki Lagi, 3 Orang Tewas dan 213 Terluka

2. Empat pesawat Garuda Indonesia terbang ke Turki bawa bantuan

85 WNI Korban Gempa Turki Minta Pulang ke Indonesia   Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Bantuan tahap ketiga dari Indonesia juga sudah berangkat hari ini. Bantuan ini dilepas dari Bandara Halim Perdanakusuma oleh Presiden RI Joko Widodo serta Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

"Presiden sudah menyampaikan bahwa yang berangkat kali ini adalah 140 ton berupa makanan, pakaian, dan peralatan logistik. Sebagaimana diketahui, sejak hari pertama terjadinya gempa, kita di lapangan yang diwakili oleh Dubes kita di Ankara dan Dubes kita di Damaskus telah turun ke lapangan, ke wilayah yang terdampak gempa," ucap Retno.

3. Pesawat Hercules TNI AU juga diperbantukan di Turki

85 WNI Korban Gempa Turki Minta Pulang ke Indonesia   Pesawar TNI AU Hercules C-130 yang diperbantukan di Turki. (Dok. KBRI Ankara)

Pesawat TNI Angkatan Udara Hercules C-130 beserta awak pesawatnya diperbantukan oleh Indonesia untuk penanganan pascagempa di Turki.

“Bapak Menteri Pertahanan RI yang memberikan perintah agar pesawat Hercules dan kru tersebut diperbantukan kepada pihak Turki untuk penanggulangan bencana. Beliau paham dalam situasi seperti ini masalah suplai logistik menjadi sangat kritis, dan beliau ingin Indonesia bisa membantu," ungkap Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal.

Pesawat yang datang ke Turki untuk mengangkut peralatan SAR serta bantuan kemanusiaan gelombang pertama pada 12 Februari 2023 tersebut diperpanjang masa penugasannya dan diperbantukan untuk mengangkut logistik dari berbagai daerah di Turki ke wilayah yang terdampak gempa.

Baca Juga: Turki Diguncang Gempa Lagi, Dubes RI: Tim Kita Aman 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya