Arab Saudi Cabut Larangan Bepergian Warganya ke Indonesia 

Kemlu RI apresiasi keputusan Saudi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Arab Saudi dilaporkan telah mencabut peraturan larangan masuk warganya ke Indonesia. Pernyataan ini disambut baik oleh pemerintah Indonesia.

Pada akhir Mei 2022 lalu, Arab Saudi merilis daftar negara yang dilarang dikunjungi oleh warganya lantaran muncul lonjakan kasus COVID-19 yang cukup tinggi. Indonesia pun ada di daftar larangan tersebut.

Selain Indonesia, ada India, Turki, Vietnam, Suriah, Iran, Libya, Somalia, Afghanistan, Yaman, Lebanon, Ethiopia, Armenia, Belarus, Republik Demokratik Kongo dan Venezuela. 

Baca Juga: Sebanyak 3.169 Jemaah Haji Terbang ke Arab Saudi Hari Ini

1. Kemlu RI sambut baik keputusan Arab Saudi

Dalam unggahan di akun Twitter Kementerian Luar Negeri RI, disebutkan bahwa Indonesia menyambut baik keputusan Arab Saudi tersebut.

“Indonesia menyambut baik keputusan otoritas Saudi untuk mencabut kebijakan larangan bepergian (travel ban) warganya ke Indonesia,” demikian pernyataan Kemlu RI, Selasa (7/6/2022).

Saat Saudi mengumumkan larangan tersebut, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku sudah berkomunikasi dengan pemerintah Saudi.

“Begitu kita menerima informasi itu saya langsung berkomunikasi terutama dengan duta besar di sini, duta besar kita juga tugasi untuk mengontak otoritas yang ada di Saudi dan saya melakukan komunikasi juga dengan Menlu Saudi Arabia dan mereka berjanji akan melihat,” kata Retno, kala itu.

Baca Juga: Biaya Haji 2022 Naik, Asosiasi Sebut Banyak yang Berubah di Arab Saudi

2. Indonesia telah sampaikan ke Saudi bahwa penanganan COVID sudah membaik

Arab Saudi Cabut Larangan Bepergian Warganya ke Indonesia Ilustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Sementara, juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan ke Saudi bahwa penanganan COVID-19 di Tanah Air sudah membaik.

Jumlah kasus harian yang dilaporkan, kata pria yang akrab disapa Faiza itu sudah jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya. 

"Bahkan, kondisi pandemik di Indonesia sudah lebih baik dibandingkan banyak negara di dunia pada umumnya," ungkapnya kepada IDN Times.

Lebih lanjut, ia menyebut informasi terkait penanganan pandemik di Indonesia sudah disampaikan oleh Direktur Timur Tengah kepada Duta Besar Saudi di Indonesia.

3. Menlu Arab Saudi bertemu Menlu Retno hari ini

Arab Saudi Cabut Larangan Bepergian Warganya ke Indonesia Faisal bin Farhan Al Saud. (Twitter.com/Alekhbariy en Français)

Dijadwalkan pada hari ini, Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud bakal bertemu dengan Menlu Retno di Kemlu RI. Namun, belum diketahui isu apakah yang akan dibahas keduanya.

Meski demikian, pada akhir bulan lalu, Retno sempat mengatakan akan membahas isu larangan bepergian ini ketika bertemu Menlu Saudi.

“Sejauh ini mereka akan melihat dan tadi saya sampaikan bahwa di awal-awal Juni ada rencana kunjungan Menlu Saudi Arabia, kalau rencana itu jadi dilakukan maka saya akan gunakan juga untuk membahas isu itu,” pungkas Retno.

Baca Juga: Jemaah Haji Harus Waspada Cuaca Ekstrem di Arab Saudi

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya