AS Dorong Upaya Indonesia Perangi Tuberkulosis

USAID bermitra dengan Kemenkes RI

Jakarta, IDN Times - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (AS) atau USAID meluncurkan program ‘Menuju Eliminasi dan bebas dari Tuberkulosis'. Ini adalah program USAID selama lima tahun ke depan.

Dengan program ini, USAID ingin membantu mendorong upaya Indonesia melawan TBC dan melanjutkan untuk mencapai eliminasi TBC pada 2030.

Program ini memiliki komitmen pendanaan senilai 70 juta dolar AS atau Rp1,05 triliun (kurs Rp15 ribu per dolar AS).

Baca Juga: TBC Laten dan TBC Aktif, Apa Saja Perbedaannya?

1. Komitmen AS lawan TBC

AS Dorong Upaya Indonesia Perangi TuberkulosisKerja sama USAID dengan Kemenkes RI memerangi TBC. (dok. US Embassy Jakarta)

Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen USAID terhadap kemitraan Indonesia dan AS untuk melawan penyakit TBC.

“USAID gembira dapat bermitra dengan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan hasil kesehatan bagi masyarakat Indonesia, termasuk tuberkulosis,” kata Michael Schiffer, Asisten Administrator Biro USAID untuk Asia, dalam keterangan Kedutaan Besar AS di Jakarta, yang diterima IDN Times, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga: Kapan Pasien TBC Tidak Lagi Menularkan Penyakit?

2. Bantuan teknis ke Indonesia

AS Dorong Upaya Indonesia Perangi Tuberkulosisilustrasi anak batuk-batuk (littlespurspedi.com)

Melalui kegiatan USAID BEBAS TB, USAID akan memberikan bantuan teknis ke Program TBC Nasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan TBC dengan memperkenalkan dan menguji coba pendekatan dan rejimen pengobatan baru, serta membawa praktek terbaik internasional untuk diterapkan di Indonesia.

“Kerja sama yang diberikan AS dalam mendukung transformasi kesehatan di Indonesia sangatlah penting. Hal ini termasuk bantuan USAID terkini untuk penanggulangan tuberkulosis yang akan berkontribusi besar dalam upaya Indonesia mencapai eliminasi TBC pada tahun 2030,” ujar Menteri Kesehatan RI Budi G. Sadikin.

3. Fokus di empat provinsi di Indonesia

AS Dorong Upaya Indonesia Perangi TuberkulosisInfografis Tuberkulosis (IDN Times/Mardya Shakti)

USAID BEBAS TB akan mendukung pemerintah Indonesia di tingkat nasional dan berfokus pada empat provinsi berpenduduk padat dengan beban TBC tinggi yaitu Sumatra Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Inisiatif ini akan meningkatkan perawatan TBC baik di rumah sakit pemerintah maupun swasta dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas kesehatan dan petugas kesehatan di masyarakat.

Baca Juga: Waspadai TBC pada Anak, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya