Delegasi Indonesia Diisukan Kunjungi Israel, MUI: Berita Hoaks!

MUI menilai berita itu bisa merusak kepercayaan Palestina

Jakarta, IDN Times - Isu delegasi Indonesia berkunjung ke Israel mendapat tanggapan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kunjungan rahasia ini dipimpin oleh pejabat senior Indonesia.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja sama Internasional Sudarnoto Abdul Hakim menyebut Israel menggunakan media untuk merusak kepercayaan Palestina kepada Indonesia. Sudarnoto juga menyebut berita itu hoaks. 

1. Bisa merusak kepercayaan Palestina ke Indonesia

Delegasi Indonesia Diisukan Kunjungi Israel, MUI: Berita Hoaks!Tuntutan para warga Palestina untuk membebaskan para tahanan Palestina. (Twitter.com/PalPrisoners)

Sudarnoto mengatakan ada kepentingan Israel di balik berita ini. Ia menyebut berita ini hoaks dan tendensius.

“Ada kepentingan kuat Israel lewat media. Pertama, untuk merusak kepercayaan bangsa Israel terhadap Indonesia,” kata Sudarnoto, dikutip dari ANTARA, Rabu (21/9/2022).

“Berita kunjungan rahasia pejabat tinggi yang disebarluaskan media Israel ini sudah dibantah oleh Kementerian Luar Negeri RI. Ini hoaks dan sangat tendensius,” lanjutnya.

Baca Juga: Suaranya soal Palestina Dibungkam, Karyawan Google Pilih Hengkang 

2. Ada narasi bahwa Indonesia sudah melunak ke Israel

Delegasi Indonesia Diisukan Kunjungi Israel, MUI: Berita Hoaks!Sejumlah pengunjuk rasa dari gabungan Ormas Islam di Aceh membakar bendera Israel dan Amerika Serika saat aksi damai membela Palestina Merdeka di gedung DPR Aceh, Banda Aceh, Senin (18/12). Sebanyak 23 Ormas Islam di Aceh mengutuk presiden Amerika Serikat, Donald Trump atas pernyataan sepihak mengakui Yerussalem sebagai ibukota Israel, dan mendesak umat Islam di seluruh dunia termasuk Indonesia bersatu memperjuangkan kemerdekaan Palestina dari zionis Israel (ANTARA FOTO/Ampelsa/ama/17)

Sudarnoto menyebut bahwa narasi yang dibangun oleh media Israel seolah-olah Indonesia sudah mulai bersahabat baik dengan Israel.

“Kedua, lewat media, pihak Israel dengan sengaja telah mengusik komitmen pemerintah dan bangsa Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” tegas dia.

Sudarnoto menambahkan, memang ada kepentingan Israel untuk membangun hubungan diplomatik dengan Indonesia dan upaya-upaya tersebut terus dilakukan.

3. Melemahkan semangat pembelaan Palestina

Delegasi Indonesia Diisukan Kunjungi Israel, MUI: Berita Hoaks!Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Facebook.com/President.Mahmoud.Abbas)

Sudarnoto kembali menegaskan bahwa pemberitaan ini dilakukan media Israel dengan sengaja memberikan ruang kepada tokoh dan kelompok yang pro Israel untuk melakukan upaya melemahkan semangat pembelaan kepada Palestina.

“Di antara cara itu ialah mengembangkan opini secara luas melalui media bahwa sudah ada upaya-upaya serius dari kedua negara untuk membuka hubungan diplomatik,” kata dia.

Baca Juga: Delegasi Indonesia Disebut Kunjungi Israel dan Lakukan Rapat Rahasia

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya