Dikritik Lamban, Joe Biden Segera Kunjungi Hawaii

Korban kebakaran Hawaii kini mencapai 110 jiwa

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Ibu Negara Jill Biden bakal mengunjungi Kota Lahaina, Maui, Hawaii, yang baru-baru ini habis dilalap api. Korban tewas akibat insiden kebakaran itu sudah mencapai 110 orang.

“Di Maui, Presiden dan Ibu Negara akan melihat secara langsung dampak dari kebakaran hutan yang menghancurkan pulau tersebut serta mendiskusikan langkah selanjutnya dalam upaya pemulihan,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Karine Jean-Pierre, dikutip dari Guardian, Kamis (17/8/2023).

“Presiden terus menyusun tanggapan seluruh pemerintah negara bagian terhadap kebakaran Maui yang mematikan. Dan Presiden telah berkomitmen untuk memberikan semua yang dibutuhkan rakyat Hawaii dan pemerintah federal saat ini,” ucapnya lagi.

Warga AS sempat mengkritik Biden lamban dalam menanggapi kebakaran di Hawaii. Sampai saat ini, para pengungsi dilaporkan masih membutuhkan bantuan, seperti air bersih dan makanan.

Salah satu kritikan datang dari eks Presiden AS, Donald Trump, yang menyebut Biden hanya tersenyum terkait tragedi yang menimpa Hawaii ini.

Baca Juga: Kebakaran Hawaii, Rumah WNI Ikut Dilalap Api

1. Gedung Putih menegaskan Biden memantau perkembangan Hawaii

Dikritik Lamban, Joe Biden Segera Kunjungi HawaiiPresiden Biden sedang berpidato dalam acara mengesahkan hukum kebencian rasial terkait COVID-19 (20/05/2021). (Twitter.com/Senator Reverend Raphael Warnock)

Sementara itu, Gedung Putih menegaskan Biden terus memantau Hawaii dan berkomunikasi dengan Badan Manajemen Darurat Federal serta Gubernur Hawaii, Josh Green.

“Helikopter tentara membantu upaya pemadaman kebakaran karena masih ada titik-titik yang terbakar,” kata Biden, empat hari setelah insiden tersebut terjadi.

Baca Juga: Fakta-Fakta Kebakaran Hawaii: Korban Tewas Jadi 99 Orang 

2. Korban tewas mencapai 110 jiwa

Korban tewas akibat kebakaran Hawaii kini mencapai 110 jiwa. Jumlah ini pun diperkirakan terus bertambah. Sebagian besar korban jiwa berada di dekat jalan dan di tepi laut.

“Upaya pencarian dan penyelamatan masih terus berlangsung,” ucap Gubernur Green.

Green menambahkan, sekitar dua ribu rumah dan tempat bisnis juga harus hidup tanpa listrik sejak kebakaran terjadi. Kebakaran ini menyebabkan kerugian sekitar 5,5 miliar dolar AS atau setara dengan Rp84,5 triliun.

Baca Juga: Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban Kebakaran Hawaii

3. Biden setuju untuk pemerintah federal ganti biaya

Dikritik Lamban, Joe Biden Segera Kunjungi Hawaiipotret Maui’s Hana Coast (fineartamerica.com)

Selain itu, Biden juga telah menyetujui permintaan Hawaii untuk pemerintah federal bisa mengganti biaya penuh selama 30 hari pekerjaan darurat, yang akan dilakukan dalam empat bulan ke depan.

Pemerintah federal sendiri saat ini telah mengeluarkan dana sekitar 2,3 juta dolar AS untuk bantuan kepada warga yang terdampak.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya