Dubes RI di Malaysia Kawal Pemulangan Jenazah Azyumardi Azra

Malam ini jenazah Azyumardi tiba di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Duta Besar RI untuk Malaysia Hermono turut mengawal istri dan anak dari Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra yang jenazahnya akan diterbangkan ke Indonesia dari Malaysia, malam hari ini.

Berdasarkan informasi yang disampaikan staf eks Wapres Jusuf Kalla di Palang Merah Indonesia (PMI), Yadi, jenazah akan tiba sekira pukul 21.50 WIB.

Diketahui, Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu kemarin (18/9/2022). "Jenazah tiba jam 21.50 WIB nanti malam," kata Yadi.

Baca Juga: Azyumardi Azra Dikenang Jemaat Ahmadiyah Sebagai Sosok Toleran

1. Serah terima jenazah dengan Kementerian Luar Negeri RI

Dubes RI di Malaysia Kawal Pemulangan Jenazah Azyumardi AzraDubes RI untuk Kerajaan Malaysia Hermono (www.ikaundip.org)

Setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Hermono akan n langsung melakukan serah terima jenazah almarhum kepada Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri RI.

Untuk selanjutnya, jenazah rencananya akan disholatkan di Mesjid Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah di Ciputat Tangerang Selatan sebelum dimakamkan keesokan harinya di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Baca Juga: Jenazah Azyumardi Azra Tiba di RI Senin Malam 

2. Kemudahan proses pemulangan jenazah

Dubes RI di Malaysia Kawal Pemulangan Jenazah Azyumardi AzraBandara Kuala Lumpur (KLIA), Malaysia (IDN Times/Dwifantya Aquina)

KBRI Kuala Lumpur dengan kemudahan dan fasilitas dari Kementerian Luar Negeri Malaysia, Kementerian Kesehatan Malaysia serta Rumah Sakit Serdang telah menyelesaikan seluruh persyaratan administrasi yang diperlukan bagi pengiriman jenazah almarhum Azyumardi.

“Duta Besar Hermono menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati dan dukungan semua pihak yang telah membantu kelancaran proses pemulangan jenazah almarhum kembali ke tanah air,” sebut pernyataan KBRI Kuala Lumpur yang diterima IDN Times, Senin (19/9/2022).

Baca Juga: Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia karena Serangan Jantung

3. Menggunakan maskapai Batik Air

Dubes RI di Malaysia Kawal Pemulangan Jenazah Azyumardi AzraIlustrasi Azyumardi Azra (IDN Times/Arief Rahmat)

Almarhum Prof Azyumardi Azra wafat pada tanggal 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia.

Selama perawatan KBRI telah melakukan pendampingan kepada almarhum serta memfasilitasi kedatangan dan kunjungan keluarga almarhum hingga proses kepulangan jenazah ke Indonesia.

Adapun jenazah Azyumardi Azra akan tiba menggunakan pesawat Batik Air, penerbangan terakhir dari Negeri Jiran.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya