Evakuasi WNI dari Palestina dan Israel Segera Dilakukan 

Ada 38 WNI yang tinggal di Israel

Jakarta, IDN Times - Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Palestina dan Israel, bakal segera dievakuasi dalam waktu dekat. Evakuasi akan dilakukan secara bertahap.

KBRI Amman di Yordania saat ini telah mendata WNI terbaru yang berada di Palestina maupun Israel.

“Sejak awal, KBRI Amman telah mengeluarkan imbauan secara terbuka kepada WNI yang berada di wilayah terkait untuk melakukan langkah-langkah yang diperlukan, termasuk upaya evakuasi mandiri jika situasi semakin memburuk,” demikian pernyataan dari KBRI Amman, Kamis (12/10/2023).

“Dari perkembangan yang ada, situasi konflik dengan eskalasinya serta perluasan daerah konflik telah menimbulkan dampak yang dapat mengancam keamanan dan keselamatan jiwa warga sipil, termasuk WNI,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: Hizbullah Targetkan Serang Pangkalan Militer Israel

1. Ada 38 WNI menetap di Israel

Evakuasi WNI dari Palestina dan Israel Segera Dilakukan Duta Besar Indonesia untuk Yordania, Ade Padmo (Dok. Kemlu)

Berdasarkan data terbaru yang dimutakhirkan oleh KBRI Amman, disebutkan ada 10 WNI di Palestina.

“Lalu ada 38 WNI yang menetap di Israel, serta 94 WNI di Israel dengan status pelajar dan mahasiswa yang sedang mengikuti pelatihan sampai Juni 2024,” demikian pernyataan KBRI Amman.

Terkait yang sedang mengikuti pelatihan, KBRI Amman juga menjalin kontak dengan Arava International Center for Agriculture Training (AICAT), lembaga yang menyelenggarakan pelatihan tersebut.

“Kami juga berkomunikasi dengan para pelajar WNI di Israel,” lanjut KBRI Amman.

2. Sebanyak 269 WNI telah berada di Yordania

Evakuasi WNI dari Palestina dan Israel Segera Dilakukan Duta Besar RI untuk Yordania, Ade Padmo Sarwono. (dok. KBRI Amman)

Sementara itu, setidaknya 269 WNI sudah berada di Yordania. Mereka merupakan WNI yang berwisata religi ke Israel.

“Kemudian, sebanyak 28 WNI akan keluar dari Israel dan masuk ke Yordania pada 12 Oktober 2023, selanjutnya 16 WNI akan keluar dan masuk ke Yordania pada 13 Oktober 2023, dan diupayakan keluar lebih cepat,” kata KBRI Amman.

3. KBRI terus berkoordinasi dengan otoritas Yordania untuk upayakan evakuasi

Evakuasi WNI dari Palestina dan Israel Segera Dilakukan Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

KBRI Amman menegaskan, sedang dan akan terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta perwakilan Indonesia lainnya serta otoritas di Yordania untuk membantu kelancaran evakuasi yang diperlukan.

Bagi WNI yang memerlukan bantuan maupun koordinasi terkait upaya untuk meninggalkan wilayah konflik, dapat menghubungi hotline KBRI Amman di +962 779150407

Baca Juga: Israel Bersumpah Akan Habisi Pasukan Hamas

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya