Comscore Tracker

Ferdinand Marcos Diam-diam ke Australia, Ada Agenda Apa? 

Komunitas Filipina melakukan protes kecil di Melbourne.

Jakarta, IDN Times - Ferdinand “Bongbong” Marcos dikabarkan melakukan perjalanan rahasia ke Australia, tepatnya ke kota Melbourne.

Kunjungan ini sempat dirahasiakan oleh staf Marcos, namun akhirnya bocor ke komunitas Filipina yang ada di Melbourne.

1. Warga Filipina protes atas kedatangan Bongbong

Ferdinand Marcos Diam-diam ke Australia, Ada Agenda Apa? Bongbong Marcos bersama dengan para pendukung (Twitter.com/Bongbong Marcos)

Baca Juga: Fakta-Fakta Ferdinand Marcos: Pembunuh yang Jadi Diktator Filipina

Sejumlah komunitas Filipina yang berada di Melbourne berkumpul di depan kompleks apartemen yang diketahui tempat tinggal Bongbong selama di kota itu.

Dilansir Sydney Morning Herald, Selasa (17/5/2022), komunitas Filipina ini memprotes kehadiran Bongbong di Melbourne. Mereka membawa kertas bertuliskan ‘tolak Marcos dan Duterte’ dan ‘akhiri tirani Marcos-Duterte’.

Kabarnya, Bongbong mengantar putra bungsunya yang mendaftar ke Universitas Melbourne. Marcos bersama istrinya, Liza, disebut tinggal di apartemen Victoria One di pusat kota Melbourne.

2. Perjalanan pribadi bersama keluarga ke Australia

Ferdinand Marcos Diam-diam ke Australia, Ada Agenda Apa? Facebook

Juru bicara Marcos, Vic Rodriguez mengatakan bahwa Marcos berada di Melbourne dalam rangka berlibur selama tiga hari.

“Presiden terpilih Bongbong sedang berlibur bersama keluarga untuk beristirahat, memulihkan tenaga dan mempersiapkan agenda ke depan,” kata Rodriguez.

Sementara itu, seorang pejabat Australia mengonfirmasi bahwa pemerintah Filipina telah memberitahu perihal kunjungan Bongbong tersebut.

Perdana Menteri Australia Scott Morisson diketahui juga telah memberikan selamat kepada Bongbong usai hasil quick count diumumkan.

Baca Juga: Bongbong Marcos: Presiden Terpilih Filipina Putra Mantan Diktator

3. Komunitas Filipina kecewa Marcos terpilih

Ferdinand Marcos Diam-diam ke Australia, Ada Agenda Apa? Bongbong Marcos (Instagram.com/bongbongmarcos)

Dalam protes kecil di depan gedung apartemen tersebut, seorang pengunjuk rasa kelahiran Filipina, Melba Marginson menyampaikan kekecewaannya karena Marcos terpilih.

“Kami kecewa karena pemilu kemarin adalah waktu yang tepat untuk mengubah pemerintahan dan menyingkirkan politisi ‘lama’ yang kami sebut sebagai biang masalah,” ujar dia.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya