Gempa M 7,4 Guncang Jepang, WNI Diminta Waspada

Ada 1.315 WNI tinggal di wilayah pusat gempa

Jakarta, IDN Times - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia (WNI) Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha mengimbau agar seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Jepang saat ini untuk waspada, seiring dengan terjadinya gempa berkekuatan M 7,4 yang baru saja terjadi.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengeluarkan imbauan agar masyarakat WNI tetap waspada atas gempa susulan dan tsunami dan selalu memantau informasi dan arahan otoritas setempat,” kata Judha, dalam keterangannya, Senin (1/1/2024).

Gempa ini mengakibatkan dikeluarkan peringatan adanya tsunami yang diprediksi tingginya mencapai 5 meter. Dilansir dari Japan Times, peringatan ini dikeluarkan untuk sekitar wilayah pantai barat di Prefektur Ishikawa, Niigata dan Toyama.

1. Ada 1.315 WNI yang ada di lokasi pusat gempa

Sementara itu, menurut data KBRI Tokyo, ada sekitar 1.315 WNI yang berada di Prefektur Ishikawa, lokasi terjadinya gempa.

“Peringatan tsunami di sepanjang pesisir barat Jepang masih belum dicabut hingga malam hari ini waktu Jepang,” lanjut Judha.

KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengaktifkan nomor hotline untuk situasi darurat sebagai berikut:
KBRI Tokyo:
+818035068612

KJRI Osaka: +818031131003

Baca Juga: Gempa Picu Tsunami di Jepang, KBRI Segera Cek Kondisi WNI

2. Gempa terasa sampai Tokyo

Dilaporkan pula bahwa gempa ini pun terasa sampai ibu kota Tokyo.

Selain itu gempa juga dirasakan di sejumlah kota seperti Fukui, Nagano, Gifu, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

 

Baca Juga: Gempa M 7,4 Guncang Jepang, Picu Peringatan Tsunami 5 Meter!

3. Penduduk diminta mengungsi

Para pejabat Jepang meminta agar warga yang tinggal di daerah tersebut untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Semua penduduk harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” sebut siaran televisi nasional NHK sekitar pukul 16.10 waktu setempat atau 14.10 WIB.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya