HUT ke-78 RI, PTRI Jenewa Gelar Upacara Bendera dan Lomba Olahraga

Salah satunya upacara bendera yang digelar hari ini

Jakarta, IDN Times - Upacara peringatan Hari Kemerdekaan ke-78 RI digelar di Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) Jenewa. Upacara tersebut merupakan pertama kalinya dihadiri penuh warga Indonesia seperti sebelum pandemik.

Kegiatan dimulai pukul 09.30 pagi waktu setempat, dan dihadiri oleh seluruh staf PTRI Jenewa serta masyarakat Indonesia yang tinggal di kota Jenewa dan sekitarnya. Sebagian besar masyarakat Indonesia yang hadir adalah pekerja profesional pada organisasi internasional atau badan PBB.

“Melalui rangkaian peringatan kemerdekaan RI ke-78 ini, mari kita kolaborasi, saling bersatu padu untuk Indonesia Maju,” kata Wakil Tetap RI untuk PBB di Jenewa, Febrian Ruddyard, dalam keterangannya, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga: WNI dan Diaspora Hadiri Upacara HUT RI ke-77 di PTRI Jenewa

1. Rangkaian acara telah digelar sejak awal Agustus 2023

HUT ke-78 RI, PTRI Jenewa Gelar Upacara Bendera dan Lomba OlahragaWatap RI untuk PBB di Jenewa, Febrian Ruddyard. (dok. PTRI Jenewa)

Rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan telah dimulai sejak awal Agustus 2023. Berbagai perlombaan olahraga yang melibatkan masyarakat Indonesia telah digelar.

Selain upacara bendera, PTRI Jenewa juga akan menyelenggarakan acara Pesta Rakyat pada Sabtu (19/8/2023). Resepsi diplomatik juga digelar pada 4 September 2023. 

Baca Juga: HUT 78 RI, KBRI Bern Gelar Pesta Merdeka

2. Dukungan penuh dari masyarakat Indonesia di Jenewa

HUT ke-78 RI, PTRI Jenewa Gelar Upacara Bendera dan Lomba OlahragaUpacara bendera HUT RI ke-78 di Jenewa, Swiss. (dok. PTRI Jenewa)

Febrian mengatakan, seluruh masyarakat Indonesia di Jenewa menyambut antusias rangkaian kegiatan peringatan hari kemerdekaan sebagai bagian dari tradisi perayaan 17-an di Tanah Air.

“Dukungan masyarakat Indonesia di Jenewa ini merupakan kunci keberhasilan rangkaian acara 17an,” tutur dia.

Baca Juga: HUT 78 RI, KBRI Seoul Tekankan Kolaborasi Seluruh Masyarakat

3. Komandan upacara PTRI Jenewa adalah anggota UNIFIL Lebanon

HUT ke-78 RI, PTRI Jenewa Gelar Upacara Bendera dan Lomba OlahragaUpacara bendera HUT RI ke-78 di Jenewa, Swiss. (dok. PTRI Jenewa)

Febrian, bertindak sebagai pembina upacara, dengan komandan upacara Letnan Satu Marinir, Andi Adi Yonathan. Letnan Satu Marinir Andi Yonathan adalah salah satu anggota dari kesatuan UNIFIL Indobatt XXIII-Q di Lebanon.

Selain bertugas sebagai komandan upacara, Yonathan juga telah melatih Paskribra PTRI Jenewa selama dua minggu terakhir menjelang upacara peringatan kemerdekaan ke-78 RI.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya