HUT RI 78, KBRI Wina Tingkatkan Pelayanan untuk WNI

KBRI resmikan Ruang Loket Pelayanan Konsuler baru

Jakarta, IDN Times - Perwakilan tiga generasi Warga Negara Indonesia (WNI) serta diaspora Indonesia di Austria berkumpul untuk merayakan HUT RI ke-78 yang digelar di KBRI Wina.

Sekitar 150 peserta yang terdiri dari staf KBRI/PTRI Wina dan keluarga, perwakilan-perwakilan mahasiswa, kelompok agama Islam, Kristen dan Hindu di Austria, profesional di organisasi internasional, serta para sesepuh WNI dan diaspora di Austria menjadikan perayaan sebagai kegiatan upacara lintas generasi pertama setelah pencabutan penuh restriksi COVID-19 pada pertengahan tahun 2023.

Acara dimeriahkan juga dengan pertunjukan Aubade anak-anak staf KBRI Wina dan masyarakat Indonesia di Wina dan sekitarnya, juga digunakan untuk meresmikan perampungan konstruksi Ruang Loket Layanan Kekonsuleran KBRI Wina yang mulai dibangun sejak 20 Juni 2023.

1. Ajang silahturahmi para WNI di Austria

HUT RI 78, KBRI Wina Tingkatkan Pelayanan untuk WNIPerayaan HUT RI 78 di Wina, Austria. (dok. KBRI Wina)

Upacara bendera dipimpin langsung oleh Duta Besar RI untuk Wina, Damos Dumoli Agusman.

Petugas termuda mewakili Perhimpunan Pelajar Indonesia di Austria (PPI-A) adalah Herni Purwati Hernawan yang berusia 21 tahun, sedangkan petugas tertua dengan usia 63 tahun adalah Sugeng Haryanto sebagai pembaca naskah doa HUT ke-78 RI mewakili para senior dan sesepuh WNI dan Diaspora Indonesia di Wina.

“Puji Tuhan kita hari ini dapat merayakan HUT ke-78 RI dengan antusiasme peserta tercermin dari kekhidmatan dan kemeriahan acara hari ini yang selain merupakan perayaan hari kemerdekaan Indonesia juga menjadi ajang silaturahmi lintas generasi di era normal pasca pandemi COVID-19. Bersama kita terus melaju untuk Indonesia maju!” kata Damos, dalam keterangannya, Jumat (18/8/2023).

Baca Juga: Jepang Buang Limbah Fukushima, PTRI Wina: Sudah Dibahas di IAEA

2. Resmikan Ruang Loket Kekonsuleran KBRI

HUT RI 78, KBRI Wina Tingkatkan Pelayanan untuk WNIPerayaan HUT RI 78 di Wina, Austria. (dok. KBRI Wina)

Pada hari yang sama, KBRI Wina juga menggunakan kesempatan ini untuk meresmikan perampungan konstruksi Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran yang baru.

Seiring dengan peningkatan jumlah WNI dan Diaspora Indonesia di Austria dan Slovenia dalam satu dasawarsa terakhir, terdapat kepentingan untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan kekonsuleran dan menyelaraskan standar pelayanan publik kekonsuleran yang telah ditetapkan oleh Kementerian Luar Negeri RI untuk seluruh Perwakilan RI di luar negeri.

“Dengan peresmian Ruang Loket Pelayanan Kekonsuleran yang baru dirampungkan ini, KBRI/PTRI Wina senantiasa terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada warga negara Indonesia di wilayah akreditasinya agar sesuai dengan standar ISO yang telah ditetapkan Pusat. Pengguna jasa kekonsuleran KBRI/PTRI Wina kini dapat datang ke ruang khusus ini dan mendapatkan layanan yang diperlukan dengan nyaman dan mudah,” ucap Damos lagi.

3. Rangkaian peringatan HUT RI sudah dimulai sejak bulan lalu

HUT RI 78, KBRI Wina Tingkatkan Pelayanan untuk WNIPerayaan HUT RI 78 di Wina, Austria. (dok. KBRI Wina)

Rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI di Wina telah dimulai pada tanggal 26 Juli hingga 11 Agustus 2023 dengan pertandingan Catur Online melalui platform Chess.com, dilanjutkan dengan pertandingan sepak bola lapangan pada  6 Agustus 2023, e-Sport FIFA 2023 di PlayStation 4 dan Semi-Final Catur Online secara luring pada 12 Agustus 2023, serta pertandingan Bulutangkis dan Tenis Meja ganda putra dan putri pada 13 Agustus 2023.

Puncak rangkaian adalah pada acara “Pesta Rakyat” yang akan digelar pada 26 Agustus 2023 di KBRI Wina dengan mengundang segenap WNI dan Diaspora Indonesia, mitra KBRI/PTRI Wina, dan kalangan diplomatik terbatas, serta para Friends of Indonesia di Austria dan Slovenia.

Baca Juga: WNI dan Diaspora Indonesia Gembira Hadiri HUT RI di KBRI Wina 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya