Indonesia Lanjutkan Upaya Redam Konflik di Myanmar

RI akan bekerja sama dengan Laos sebagai Ketua ASEAN 2024

Jakarta, IDN Times - Sebagai Ketua ASEAN 2023 yang akan berakhir masa keketuaannya pada Desember, Indonesia kini tetap melanjutkan upaya untuk meredam konflik di Myanmar yang kembali menegang. Indonesia memanfaatkan saluran Kantor Utusan Khusus untuk Isu Myanmar, yang dibentuk sejak awal keketuaan.

Kantor Utusan Khusus ini menggelar pertemuan di Jakarta pada 20-22 November 2023 untuk membahas perdamaian di Myanmar dengan dihadiri berbagai pihak dari negara tersebut. Hadir pula perwakilan Laos yang menjabat sebagai Ketua ASEAN 2024.

“Indonesia telah melakukan lebih dari 180 pertemuan dengan berbagai pemangku kepentingan Myanmar termasuk junta, dalam masa keketuaannya pada tahun ini,” kata Ngurah Swajaya, dari Kantor Utusan Khusus yang kini menjabat sebagai Duta Besar RI untuk Swiss, dalam keterangan Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu (25/11/2023).

1. Indonesia terus berkomitmen bantu Myanmar

Indonesia Lanjutkan Upaya Redam Konflik di MyanmarStaf Khusus Menlu RI untuk Diplomasi Kawasan, Ngurah Swajaya. (IDN Times/Sonya Michaella)

Menurut Ngurah, seluruh pemangku kepentingan menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kepemimpinan Indonesia dan komitmen konsistennya dalam membantu masyarakat Myanmar menemukan jalan perdamaian.

“Sebagai sesama anggota ASEAN, Indonesia berkomitmen untuk terus membantu masyarakat Myanmar untuk menemukan solusi politik yang komprehensif demi perdamaian dan stabilitas di Myanmar,” ucap Ngurah.

“Indonesia berharap bisa bekerja erat dengan Laos yang menjabat sebagai Ketua ASEAN 2024 untuk memastikan keberlanjutan upaya ASEAN untuk membantu rakyat Myanmar,” tutur dia.

Baca Juga: Presiden Filipina: ASEAN Kesulitan Atasi Konflik Myanmar 

2. Ada audiensi dengan Wamenlu RI

Indonesia Lanjutkan Upaya Redam Konflik di MyanmarPihak oposisi Myanmar merasa kehilangan kepercayaan kepada ASEAN dalam mengatasi masalah krisis di Myanmar. (Twitter.com/kzy_linn)

Sementara itu, para pemangku kepentingan ini mendapat kesempatan untuk melakukan audiensi dengan Wakil Menteri Luar Negeri RI Pahala Mansury dalam sesi tersendiri.

“Pesan utama yang disampaikan Wamenlu adalah dialog inklusif dan solusi politik adalah satu-satunya solusi yang layak untuk mengatasi krisis di Myanmar,” ucap dia lagi.

3. Indonesia desak semua pihak menahan diri

Indonesia Lanjutkan Upaya Redam Konflik di MyanmarSituasi di salah satu wilayah di Myanmar di kala pandemi COVID-19 dan junta militer Myanmar. (Twitter.com/RvlBurma2)

Konflik Myanmar kini kembali menegang dengan adanya perlawanan dari kelompok-kelompok etnis di beberapa wilayah. Indonesia lantas menyerukan agar semua pihak menahan diri.

“Mengingat perkembangan terkini, Indonesia mendesak semua pihak yang berkonflik untuk menahan diri dan menghindari jatuhnya korban sipil, sesuai dengan hukum humaniter internasional dan memungkinkan pengiriman bantuan kemanusiaan yang aman kepada para pengungsi yang terkena dampak konflik,” ungkap Ngurah lagi.

Baca Juga: Jumlah Korban Sipil Akibat Ranjau Meningkat di Ukraina dan Myanmar

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya