Indonesia Pasarkan 10 Destinasi Prioritas di Pameran Wisata Spanyol

Indonesia gandeng 10 operator perjalanan wisata

Jakarta, IDN Times - KBRI Madrid kembali berpartisipasi dalam pameran pariwisata internasional di Spanyol yang bertajuk Feria Internacional de Turismo (FITUR) pada 24-28 Januari 2024.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu (27/1/2024), Indonesia menempati stand nomor 10 seluas 65 meter persegi di koridor utama Paviliun 6D, bersama negara-negara Asia Pasifik, Asia Selatan dan Timur Tengah.

Partisipasi Indonesia pada FITUR 2024 merupakan upaya memanfaatkan pulihnya minat masyarakat Spanyol untuk berwisata ke luar negeri serta pemulihan sektor pariwisata Indonesia pasca pandemi COVID-19.

Baca Juga: Spanyol Serukan Perdamaian Israel-Palestina

1. Pasarkan 10 destinasi prioritas Indonesia

Indonesia Pasarkan 10 Destinasi Prioritas di Pameran Wisata SpanyolPuncak Waringin, lokasi Spouse Program KTT ASEAN-42, Labuan Bajo. (IDN Times/Sonya Michaella)

KBRI Madrid cukup optimistis bahwa FITUR 2024 akan membuka peluang lebih besar untuk menarik minat wisatawan Spanyol ke Indonesia. 

Guna memasarkan pilihan destinasi Indonesia yang luas, KBRI Madrid menggandeng 10 operator perjalanan wisata dan pelaku usaha sektor pariwisata, yakni Asia Bespoke Tours, Catur Viajes, Come2indonesia, Experience Toñi Bali, Invierte en Indonesia Group, Kura Kura Resort, Lotus Asia Tours, Melia Bali, Pacto DMC, serta Spanesia Adventure Group.

Operator perjalanan wisata tersebut berkesempatan menawarkan langsung paket perjalanan serta kesempatan menjalin kontak dan bekerja sama dalam mengorganisir kelompok wisatawan berlibur ke Indonesia, termasuk 10 destinasi prioritas Indonesia.

2. Hadirkan kopi spesial dari Indonesia

Indonesia Pasarkan 10 Destinasi Prioritas di Pameran Wisata SpanyolIndonesia berpartisipasi dalam Feria Internacional de Turismo (FITUR) di Spanyol. (Dok. KBRI Madrid)

Adapun keunikan paviliun Indonesia tahun ini adalah dipersembahkannya Coffee Bar yang menghadirkan kopi premium Indonesia dan model Spanyol berbusana baju tradisional Indonesia.

Diharapkan kiat-kiat ini didukung oleh komitmen terpadu Pemerintah dan swasta Indonesia dapat menjaring dan meningkatkan kunjungan warga Spanyol dan mereka yang berbahasa Spanyol untuk berlibur ke Indonesia.

KBRI Madrid juga mengkapitaliasi momentum terpilihnya Indonesia sebagai anggota Executive Council Organisasi Pariwisata Dunia (UN World Tourism Organization – UNWTO), mewakili komisi regional Asia Timur dan Pasifik untuk periode 2023-2027.

Diharapkan kiat-kiat ini didukung oleh komitmen terpadu Pemerintah dan swasta Indonesia dapat menjaring dan meningkatkan kunjungan warga Spanyol dan mereka yang berbahasa Spanyol untuk berlibur ke Indonesia.

Baca Juga: Taiwan Gelar Pameran Budaya Islam April 2021

3. FITUR merupakan pameran wisata yang disorot

Indonesia Pasarkan 10 Destinasi Prioritas di Pameran Wisata SpanyolIndonesia berpartisipasi dalam Feria Internacional de Turismo (FITUR) di Spanyol. (Dok. KBRI Madrid)

FITUR merupakan pameran pariwisata terpenting untuk pasar Ibero-Amerika. Bersama dengan Mobile World Congress (MWC) yang digelar setiap akhir Februari di Barcelona, FITUR yang diselenggarakan setiap bulan Januari di Madrid merupakan pameran tahunan berskala internasional terbesar di Spanyol dan kedua terbesar di Eropa.

Sebanyak 8.500 perusahaan dan 131 negara telah berpartisipasi dalam FITUR 2023 yang menggelar delapanpaviliun dengan total area pameran 66.900 meter persegi.

Tahun lalu, FITUR dikunjungi lebih dari 222 ribu individu yang terdiri dari 136 ribu  kalangan profesional serta 86 ribu masyarakat awam. Dari segi dampak ekonomi, tahun lalu FITUR membawa keuntungan sebesar 400 juta Euro bagi kota Madrid.

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Promosi Wisata 3 Negara ASEAN, Mana Saja?

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya