Jadi Wamenlu RI, Ini Tugas Pahala Mansury

Pahala sebelumnya adalah Wamen BUMN I

Jakarta, IDN Times - Pahala Nugraha Mansury kini mengemban tugas baru sebagai Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia. Pahala sebelumnya menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN I sejak 2020.

Pahala dilantik Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo bersama empat wakil menteri lainnya serta Menkominfo dan Watimpres.

"Yang pasti nanti minta arahan Ibu Menlu dulu, kira-kira tugas apa untuk Wamenlu. Tapi ya karena pengalaman saya banyak di korporasi dan ekonomi, mungkin itu yang jadi salah satu yang akan dikembangkan ke depannya," kata Pahala, di Istana Negara, Jakarta, usai dilantik, Senin (17/7/2023).

Selain itu, Pahala juga tak menampik akan ditugaskan untuk mengurusi diplomasi Indonesia dengan negara-negara lain.

Baca Juga: Profil Pahala Mansury, Wamenlu RI yang Baru

1. Pengalaman di bidang ekonomi jadi modal

Jadi Wamenlu RI, Ini Tugas Pahala MansuryPahala Mansury (ANTARA FOTO)

Meski demikian, Pahala mengaku siap dengan jabatansebagai Wamenlu RI untuk melebarkan sayap diplomasi Indonesia.

"Pasti banyak hal yang harus dipelajari lagi, tapi bagaimana pengalaman kita sebelumnya ini bisa jadi modal untuk penugasan yang sekarang," tutur Pahala.

Baca Juga: Mahendra Siregar Jadi Ketua OJK, Siapa Penggantinya sebagai Wamenlu?

2. Arahan dari Jokowi

Jadi Wamenlu RI, Ini Tugas Pahala MansuryWakil Komisaris Utama Pertamina Pahala Mansury meninjau langsung sarana dan fasilitas (sarfas) Integrated Terminal Palembang, ditemani Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) PT Pertamina (Persero) Erry Sugiharto, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Alfian Nasution, Vice President HSSE Johan Kurniawan, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting, dan Executive GM Patra Niaga Regional Sumbagsel, Zibali Hisbul Masih. (Dok. Pertamina)

Sementara itu, Pahala mengaku sudah mendapatkan sejumlah arahan dari Jokowi, meski belum terlalu spesifik.

"Ya tadi sudah saya sampaikan mengenai bagaimana pengembangan untuk perdagangan, untuk investasi internasional karena memang tantangan ke depannya itu adalah bagaimana meningkatkan hubungan perekonomian antara negara kita dengan negara lainnya," ungkap Pahala lagi.

Baca Juga: 155 Orang Lolos Calon Komisioner OJK, Ada Dirut BEI hingga Wamenlu

3. Profil Pahala Mansury

Jadi Wamenlu RI, Ini Tugas Pahala MansuryWamen I BUMN, Pahala N. Mansury (IDN Times/Herka Yanis)

Sebelum bergabung dengan Kementerian BUMN, Pahala menrupakan Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara pada 2019-2020.

Pahala juga sempat menduduki sejumlah posisi penting, antara lain Direktur Keuangan PT Pertamina (2018-2019), Direktur Utama PT Garuda Indonesia (2017-2018), Direktur Treasury Market PT Bank Mandiri (2015-2017) serta sejumlah pengalaman profesional di berbagai konsultan internasional.

Pahala merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dan lulus S2 dari NYU Stern School of Business, dengan jurusan Business Administration.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya