Jelang HUT Ukraina, Zelenskyy Antisipasi Serangan Rusia 

Kyiv melarang adanya perayaan untuk berjaga dari serangan

Jakarta, IDN Times - Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memperingatkan negaranya akan adanya serangan baru dari Rusia jelang peringatan hari kemerdekaan Ukraina yang jatuh pada Rabu (24/8/2022) besok.

“Moskow bisa saja meluncurkan sesuatu yang sangat buruk menjelang peringatan hari kemerdekaan kita yang juga menandai enam bulan lamanya invasi mereka ke Ukraina,” kata Zelenskyy, dikutip dari Strait Times, Selasa (23/8/2022).

Zelenskyy mengaku telah memberitahu kemungkinan ancaman Moskow ini kepada Prancis dan pemimpin negara sekutu lain termasuk Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres.

1. Ukraina melarang adanya perayaan untuk antisipasi serangan Rusia

Jelang HUT Ukraina, Zelenskyy Antisipasi Serangan Rusia Ilustrasi ibu kota Ukraina, Kiev (unsplash.com/Nikola Markelov)

Memperingati hari kemerdekaan Ukraina, pemerintah kota-kota di negara itu melarang adanya perayaan untuk sementara, guna mengantisipasi adanya serangan dari Rusia.

Ibu kota Kyiv juga dilaporkan tak akan ada perayaan pada pekan ini. Sementara kota Kharkiv mengumumkan adanya jam malam karena meningkatnya ancaman serangan Rusia.

Artileri dan tembakan roket di kompleks reaktor nuklir Zaporizhzhia, menimbulkan kekhawatiran akan bencana nuklir dan memunculkan imbauan agar daerah sekitarnya didemiliterisasi.

Baca Juga: Rudal Rusia Hujani Kota Odessa dan Pusat Ekspor Biji-bijian Ukraina

2. Kota Mykolaiv mempersiapkan tindakan pencegahan

Jelang HUT Ukraina, Zelenskyy Antisipasi Serangan Rusia Tentara Angkatan Bersenjata Ukraina mengendarai kendaraan peluncur roket otomatis saat berlatih di wilayah Kherson, Ukraina, dalam foto handout yang dirilis pada Selasa (1/2/2022). ANTARA FOTO/Ukrainian Armed Forces Press Service/Handout via REUTERS/FOC.

Selain itu, kota pelabuhan Mykolaiv juga dilaporkan telah memiliki tindakan pencegahan. Mykolaiv juga mengumumkan bagi warganya untuk bekerja dari rumah pada Selasa dan Rabu pekan ini.

Para warga Mykolaiv juga diimbau untuk tidak berkumpul dalam kelompok besar di jalan-jalan.

Baca Juga: Perang Ukraina Terkini: Rusia Kuasai 20 Persen Ukraina

3. Militer Ukraina diminta siaga

Jelang HUT Ukraina, Zelenskyy Antisipasi Serangan Rusia Anggota layanan Angkatan Bersenjata Ukraina membawa senjata selama latihan militer di tempat penembakan di wilayah Donetsk, Ukraina, Selasa (15/2/2022). ANTARA FOTO/General Staff of the Ukrainian Armed Forces/Handout via REUTERS.

Zelenskyy menegaskan, ia telah memerintahkan militer Ukraina untuk bersiap-siap dalam pekan ini. Pasalnya, ia yakin bahwa akan ada serangan dari Rusia menjelang hari kemerdekaan Ukraina.

“Semua mitra dan pasukan Ukraina telah diberitahu terkait apa saja yang harus dipersiapkan dari negara teroris pada pekan ini,” ujar Zelenskyy, merujuk pada Rusia.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya