Jepang Dilanda Gempa, Layanan Kereta Shinkansen Berhenti Sementara

Beberapa jalur terdampak

Jakarta, IDN Times - Layanan kereta cepat Shinkansen terpaksa diberhentikan sementara lantaran ada gempa berkekuatan M 7,4 yang melanda Jepang tengah.

Dilansir dari CNN, Senin (1/1/2024), menurut situs operator kereta JR East, sejumlah layanan kereta Shinkansen di Jalur Hokuriku dan Joetsu Shinkansen dibatalkan sekitar pukul 18.50 waktu setempat.

Selain itu, layanan kereta di jalur lain juga mengalami keterlambatan yang menyebabkan penumpang harus mencari layanan transportasi lainnya.

1. Peringatan tsunami dikeluarkan

Gempa berkekuatan M 7,4 mengguncang Jepang bagian tengah pada hari ini. Gempa ini mengakibatkan dikeluarkan peringatan adanya tsunami hingga setinggi 5 meter.

Dilansir dari Japan Times, peringatan ini dikeluarkan untuk sekitar wilayah pantai barat di Prefektur Ishikawa, Niigata dan Toyama.

Sementara itu, dilaporkan bahwa gelombang air laut setinggi satu meter sudah sempat menyapu pantai Kota Wajima yang terletak di Prefektur Ishikawa.

Baca Juga: Gempa Picu Tsunami di Jepang, KBRI Segera Cek Kondisi WNI

2. Gempa terasa sampai Tokyo

Dilansir dari Al Jazeera, dilaporkan pula bahwa gempa ini pun terasa sampai ibu kota Tokyo.

Selain itu gempa juga dirasakan di sejumlah kota seperti Fukui, Nagano, Gifu, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.

Baca Juga: Gempa M 7,4 Guncang Jepang, WNI Diminta Waspada

3. Penduduk diminta mengungsi

Para pejabat Jepang meminta agar warga yang tinggal di daerah tersebut untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

“Semua penduduk harus segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi,” sebut siaran televisi nasional NHK sekitar pukul 16.10 waktu setempat atau 14.10 WIB.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya