Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI kepada Jokowi 

AS memuji kemitraannya dengan Indonesia yang makin maju

Jakarta, IDN Times - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Indonesia kepada Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo.

“Atas nama rakyat Amerika Serikat, saya menyampaikan ucapan selamat dengan tulus kepada Anda dan rakyat Indonesia dalam rangka perayaan kemerdekaan yang ke-78,” kata Biden, dalam keterangan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Baca Juga: Jokowi Usulkan Gaji PNS Naik 8 Persen Tahun Depan

1. Singgung kemitraan strategis antara AS dan Indonesia

Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI kepada Jokowi Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden bertemu di Bali. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Biden juga menyampaikan kemitraan strategis antara AS dan Indonesia sejalan dengan memajukan prinsip demokrasi yang sama-sama dianut kedua negara untuk kemakmuran rakyat.

“Bersama-sama, negara kita mendorong masa depan yang cerah dan tangguh di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Kita bekerja sama untuk mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim dan perlindungan lingkungan,” ucap Biden.

Baca Juga: Jokowi Usulkan Gaji PNS Naik 8 Persen Tahun Depan

2. AS puji kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023

Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI kepada Jokowi Para pemimpin ASEAN telah berkumpul di Labuan Bajo. (dok. Youtube Setpres RI)

Selain itu, Biden juga memuji kepemimpinan Indonesia di ASEAN 2023. KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta dua pekan mendatang.

“Amerika Serikat juga memuji kepemimpinan Indonesia sebagai Ketua ASEAN dan mendukung tema ASEAN 2023, 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth',” tuturnya.
 
“Saya berharap dapat semakin memperdalam dan memperluas kerja sama dan persahabatan kita di tahun mendatang. Selamat atas hari kemerdekaan Indonesia yang menggembirakan ini,” kata Biden.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta 

3. Harap ada kerja sama soal IPEF

Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan RI kepada Jokowi Presiden RI Joko Widodo dan Presiden AS Joe Biden bertemu di Bali. (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Saat bertemu di Bali pada gelaran KTT G20 November 2022, Jokowi menyampaikan ke Biden soal pentingnya kerja sama Indo Pacific Economic Framework (IPEF).

Indonesia menyatakan komitmen untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi penuh pada IPEF.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya