Jokowi: ASEAN-Australia Wajib Jaga Indo-Pasifik

Australia komitmen kerja sama dengan ASEAN

Jakarta, IDN Times - KTT ASEAN-Australia resmi dibuka hari ini (7/9/2023). Dalam pembukaannya, Presiden Republik Indonesia, Joko "Jokowi" Widodo, menyoroti ASEAN dan Australia merupakan mitra yang sangat dekat.

Jokowi juga menyoroti soal apapun yang terjadi di kawasan Indo-Pasifik, akan berdampak besar bagi Australia maupun ASEAN.

"Oleh karenanya, ASEAN dan Australia sama-sama memiliki kepentingan, tanggung jawab untuk menjaga Indo-Pasifik tetap damai, stabil, dan menjadikannya sebagai pusat pertumbuhan," kata Jokowi dalam pidato pembukaannya di JCC, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

1. ASEAN mitra dagang penting Australia

Di sisi lain, lanjut Jokowi, ASEAN juga merupakan mitra dagang penting Australia, dengan nilai lebih tinggi dibanding Amerika Serikat dan Jepang.

"ASEAN sangat menghargai dukungan Australia terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pacific serta partisipasi aktif Australia dalam ASEAN Indo-Pacific Forum, terutama peran aktif PM Anthony Albanese," ucap Jokowi.

Tahun ini pula, Sekretariat ASEAN menjalin kerja sama dengan Sekretariat IORA dan Pacific Island Forum (PIF).

"Dan, ASEAN juga berkomitmen untuk terus menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan Australia," tegas Jokowi.

Baca Juga: Dorong Kemitraan Indo-Pasifik, Erick Ungkap Pentingnya Peran BUMN

2. Australia berkomitmen untuk kawasan yang stabil

Sementara itu, Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, menegaskan pihaknya sangat berkomitmen untuk kawasan yang stabil dan damai, selaras dengan prinsip ASEAN.

"Australia juga berkomitmen untuk mendukung ketahanan pangan jangka panjang di Asia Tenggara dan upaya ini akan membantu melindungi ketahanan kita," ujar Albanese.

3. Tahun depan akan digelar KTT khusus Australia dan ASEAN

Albanese juga kembali mengangkat soal rencana digelarnya dialog pada tahun depan, yang juga akan memperingati 50 tahun kemitraan antara Australia dan ASEAN.

"Untuk memperingati hari jadi yang penting ini, kami mendapat kehormatan besar untuk menyambut para pemimpin di Melbourne pada Maret 2023 untuk menghadiri KTT khusus ASEAN dan Australia," ujar Albanese.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya