Jokowi Digandeng Erdogan saat Akan Lakukan Bilateral dengan Turki

RI dan Turki sepakat untuk mendukung kemerdekaan Palestina

Jakarta, IDN Times - Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo, mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di sela-sela KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, pada Sabtu (11/11/2023).

Kedua pemimpin ini sepakat untuk bekerja sama menyelesaikan permasalahan di Gaza, serta terus mendukung perjuangan bangsa Palestina, termasuk dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Serta mengingatkan dunia untuk menyelesaikan akar masalah yaitu kemerdekaan Palestina berdasarkan Two State Solution,” kata Jokowi, Minggu (12/11/2023).

1. Momen Jokowi digandeng Erdogan

Selain itu, Jokowi pun memperlihatkan keakrabannya dengan Erdogan di sela-sela KTT Luar Biasa OKI.

Erdogan bahkan sempat menggandeng tangan Jokowi saat sedang berjalan, ketika hendak melakukan pertemuan bilateral antarkedua negara.

Dalam momen keakraban itu, terlihat Erdogan dan Jokowi mengobrol diselingi dengan senyuman dari keduanya. Hingga memasuki ruang pertemuan bilateral, Erdogan baru melepas gandengannya dari tangan Jokowi.

Baca Juga: 4 Poin Penting dari Jokowi untuk Situasi di Palestina

2. Indonesia dan Turki sepakat untuk aktif berkontribusi pada Palestina

Jokowi Digandeng Erdogan saat Akan Lakukan Bilateral dengan TurkiPresiden RI Joko Widodo dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. (dok. BPMI)

Kedua pemimpin juga menyebut, Turki dan Indonesia aktif untuk terus mencoba berkontribusi pada penyelesaian masalah di Jalur Gaza.

Di isu bilateral kedua negara, Jokowi dan Erdogan juga membahas penguatan kerja sama bilateral dan sepakat untuk mengintensifkan perundingan Indonesia-Turkey Comprehensive Economic Partnership Agreement  (IT-CEPA), sehingga dapat diselesaikan pada 2024.

3. Jokowi akan sampaikan hasil KTT OKI ke Joe Biden

Jokowi Digandeng Erdogan saat Akan Lakukan Bilateral dengan TurkiPresiden RI Joko Widodo di KTT Luar Biasa OKI, Arab Saudi. (dok. Biro Pers Istana)

Seusai dari Riyadh, Jokowi akan terbang ke Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Joe Biden.

"Dari Riyadh saya sudah terjadwal melakukan kunjungan bilateral ke Amerika Serikat. Dengan izin para pemimpin, saya akan sampaikan hasil keputusan OKI hari ini kepada Presiden Biden," ujar Jokowi.

Baca Juga: Isi Lengkap Surat Terbuka MER-C kepada Presiden Jokowi soal Palestina

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya