Jokowi ke Kamala Harris: Kawasan ASEAN Sangat Menjanjikan

Ajak AS investasi di Asia Tenggara

Jakarta, IDN Times - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dengan para negara mitranya masih berlanjut. Setelah dengan China, Jepang, dan Korea Selatan, kini Presiden Republik Indonesia Joko "Jokowi" Widodo membuka KTT ASEAN dengan Amerika Serikat (AS).

Wakil Presiden AS, Kamala Harris, hadir di KTT ASEAN-AS tahun ini, menggantikan Presiden Joe Biden yang terpaksa absen.

"Asia Tenggara merupakan kawasan yang sangat menjanjikan yang diprediksi pada tahun 2045 menjadi urat nadi perdagangan internasional dan berkontribusi 5,4 persen terhadap GDP dunia," kata Jokowi, dalam pidato pembukaan, di JCC, Jakarta, Rabu (6/9/2023).

Jokowi menegaskan bahwa kemitraan antara ASEAN dan AS tidak hanya menguntungkan ASEAN, tapi juga AS sendiri.

"Namun kemitraan tersebut hanya akan terwujud jika terdapat komitmen kuat dari kedua belah pihak dalam menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan," ungkap mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga menegaskan, ASEAN sepakat untuk terus menjalankan fungsinya sebagai lokomotif perdamaian dan stabilitas kawasan, di mana Indo-Pasifik harus menjadi platform bagi kolaborasi.

"Oleh sebab itu, ASEAN mengajak AS untuk menjadi positive force dalam menciptakan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera melalui kerja sama konkret yang inklusif," ucap Jokowi.

Baca Juga: 70 Persen Penduduk ASEAN Tak Punya Rekening Bank

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya