Jokowi Pamer Keindahan Labuan Bajo, Presiden Filipina: Romantis!

Para pemimpin ASEAN naik kapal pinisi

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mengajak para pemimpin ASEAN beserta Ibu Negara menikmati matahari terbenam dari atas kapal pinisi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (10/5/2023). Aktivitas itu dilakukan sebelum jamuan makan malam di Hotel Ayana Labuan Bajo.

Kegiatan para pemimpin ASEAN itu terlihat dalam unggahan video di akun Instagram Presiden Jokowi, @jokowi. Dalam video tersebut, sejumlah pemimpin ASEAN juga memuji keindahan alam Labuan Bajo. 

“Sangat tenang, nyaman. Kami diajak melihat matahari terbenam,” kata Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dikutip dari video yang diunggah akun Instagram Presiden Jokowi, Kamis (11/5/2023).

Baca Juga: KTT ASEAN-RoK, Jokowi: Ekonomi Hijau Kunci Masa Depan ASEAN

1. Presiden Filipina dan istrinya terpesona dengan keindahan Labuan Bajo

Jokowi Pamer Keindahan Labuan Bajo, Presiden Filipina: Romantis!Presiden Filipina Ferdinand 'Bongbong' Marcos terpesona dengan indahnya Labuan Bajo. (dok. Instagram @jokowi)

Tak hanya PM Lee, Presiden Filipina Ferdinand ‘Bongbong’ Marcos juga mengagumi keindahan Labuan Bajo.

“Sangat bagus untuk menyegarkan pikiran sebelum kembali bekerja, dan romantis,” ucap Bongbong.

Istri Bongbong, Louise Marcos, juga merasakan indahnya matahari terbenam di Labuan Bajo. Louise mengamini suasana tersebut romantis.

Sementara, Pangeran Brunei, Pangeran Abdul Matten juga terkesima. Pasalnya, ini pertama kalinya berkunjung ke Labuan Bajo.

Baca Juga: Jokowi Pimpin 2 Pertemuan di KTT ASEAN Hari Terakhir

2. Jokowi ajak pemimpin ASEAN nikmati makanan Nusantara

Jokowi Pamer Keindahan Labuan Bajo, Presiden Filipina: Romantis!Welcoming Dinner KTT ASEAN Labuan Bajo. (dok Youtube Setpres RI)

Baca Juga: Jokowi Goyang Gemu Famire di Welcoming Dinner KTT ASEAN

Setelah melihat keindahan sunset di Labuan Bajo, Jokowi mengajak para pemimpin ASEAN menikmati makan malam di Hotel Ayana.

Istri PM Singapura Lee Hsien Loong bahkan ikut bergoyang ketika penyanyi Indonesia tampil menyuguhkan sejumlah lagu saat jamuan makan malam.

Jokowi dan Iriana pun ikut berjoget ketika para penyanyi menyanyikan lagu Gemu Famire, lagu yang berasal dari Maumere, NTT.

3. Alasan Labuan Bajo dipilih jadi lokasi KTT ASEAN

Jokowi Pamer Keindahan Labuan Bajo, Presiden Filipina: Romantis!Potret Labuan Bajo di sore hari. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani mengungkapkan alasan Labuan Bajo dipilih sebagai lokasi KTT ASEAN. Menurutnya, banyak destinasi wisata unggulan di Indonesia selain Bali.

“Indonesia punya banyak lokasi dan destinasi cantik dan berkualitas, salah satunya Labuan Bajo,” kata Giri, dalam pemaparannya kepada awak media, di Labuan Bajo, Rabu (3/5/2023).

Labuan Bajo masuk dalam lima destinasi super prioritas di Indonesia, bersama Danau Toba, Candi Borobudur, Mandalika, dan Kupang.

Baca Juga: Polri Dibantu Paspampres Sterilkan Lokasi Utama KTT ASEAN

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya