KBRI Kiev Tetap Pantau Kondisi WNI di Ukraina

Total WNI di Ukraina ada 35 orang

Jakarta, IDN Times - Menjelang satu tahun invasi Rusia ke Ukraina, KBRI Kiev menyatakan kondisi Warga Negara Indonesia (WNI) saat ini yang berada di Ukraina, terpantau baik.

“Kita tetap berkomunikasi dengan para WNI secara rutin untuk memastikan kondisi mereka aman,” kata Koordinator Fungsi Politik KBRI Kiev Yudi Alamin, dalam Instagram Live Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (5/1/2023).

Baca Juga: WNI di Ukraina dalam Kondisi Sehat, Dievakuasi ke KBRI Kiev

1. KBRI Kiev juga dijaga ketat

KBRI Kiev Tetap Pantau Kondisi WNI di UkrainaSuasana WNI Ukraina dievakuasi dari KBRI Kiev (Instagram/Indonesiainkyiv)

Selain itu, Yudi menambahkan bahwa KBRI Kiev dijaga ketat sejak beroperasi kembali per Juli 2022 lalu.

“Sejak konflik itu, semua perwakilan, termasuk KBRI Kiev dijaga 24 jam setiap hari. Kalau KBRI Kiev ini posisinya memang tidak di jalan besar dan relatif tenang,” ujar Yudi lagi.

Baca Juga: Wali Kota Kiev dan Zelenskyy Adu Pendapat soal Pemadaman Listrik

2. Meminta WNI harus tetap waspada

KBRI Kiev Tetap Pantau Kondisi WNI di UkrainaIlustrasi WNI - Sebanyak 80 WNI dan 3 WNA dievakuasi oleh Garuda Indonesia dari Ukraina ke Tanah Air. (dok. Garuda Indonesia)

Saat ini, jumlah WNI yang ada di Ukraina, digabung dengan keluarga KBRI Kiev, hanya ada 35 orang. Jumlah ini sudah berkurang sejak konflik pecah dan Indonesia melakukan evakuasi warganya dari Ukraina pada akhir Februari 2022 lalu.

“Kami mengimbau agar WNI di Ukraina tetap waspada karena ada alert system dari pemerintah Ukraina terkait dengan serangan udara,” ungkap Yudi.

Menurut Yudi, alert system ini menjadi penanda bahwa akan ada serangan udara dan warga yang ada di Ukraina harus segera mencari tempat berlindung yang aman, tak terkecuali para WNI.

Namun, Yudi mengatakan bahwa kondisi di Kiev sendiri saat ini sudah berjalan normal kembali, seperti transportasi dan toko-toko yang sudah beroperasi seperti sedia kala.

Baca Juga: Zelenskyy: Rusia Ingin Buat Ukraina Kelelahan dengan Drone

3. Perayaan Tahun Baru ditiadakan di Ukraina

KBRI Kiev Tetap Pantau Kondisi WNI di UkrainaIlustrasi ibu kota Ukraina, Kiev (unsplash.com/Nikola Markelov)

Meski kondisi Kiev sudah berangsur membaik walaupun dalam status siaga, tetapi perayaan Tahun Baru 2023 kemarin tetap ditiadakan.

“Beda dari negara-negara lain, karena kondisi di sini perang, jadi ada peraturan jam 23.00 malam sampai 05.00 pagi, kita tidak boleh melakukan aktivitas. Aturan ini dari pemerintah setempat,” tutur Yudi.

Menurutnya, pada waktu-waktu tersebut, jalan-jalan di Kiev sangat sepi dan pada Tahun Baru kemarin, warga Ukraina memilih untuk merayakan sendiri di rumah masing-masing.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya