Kebakaran Apartemen Vietnam, Belasan Tewas Termasuk Anak-anak

Kebakaran terjadi di ibu kota Hanoi

Jakarta, IDN Times - Setidaknya belasan orang menjadi korban tewas dari insiden kebakaran hebat di sebuah blok apartemen di Hanoi, Vietnam. Korban tewas pun termasuk tiga anak-anak.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (13/9/2023), kebakaran terjadi sekitar tengah malam tadi dan sudah dapat dipadamkan sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat.

Kobaran api dilaporkan melalap apartemen dengan sembilan lantai dan dihuni sekitar 150 orang tersebut. Apartemen ini terletak di gang sempit di sebuah kawasan kompleks di barat daya Hanoi.

Baca Juga: AS dan Vietnam Singgung Isu Laut China Selatan

1. 70 orang berhasil diselamatkan

Sementara itu, 70 orang dilaporkan telah berhasil diselamatkan dari apartemen tersebut dan 54 orang di antaranya segera dilarikan ke rumah sakit.

Hingga saat ini, pihak berwenang Vietnam belum mengonfirmasi jumlah pasti dari korban tewas.

Baca Juga: 5 Poin Penting Kunjungan Biden ke Vietnam

2. Apartemen hanya punya satu pintu keluar

Sejumlah video yang beredar di media sosial menunjukkan petugas pemadam kebakaran dilengkapi dengan selang dan tangga berada di TKP malam tadi. Kondisi yang menyulitkan penyelamatan para warga adalah apartemen tersebut hanya memiliki satu pintu keluar dan tidak ada tangga darurat.

“Saya mendengar banyak teriakan minta tolong. Tapi kami tidak bisa membantu mereka,” ujar seorang warga yang tinggal di dekat blok tersebut.

3. Penyelidikan segera digelar

Kepolisian Vietnam juga langsung meluncurkan penyelidikan untuk mengetahui penyebab kebakaran tersebut.

Vietnam sendiri telah mengalami beberapa kali kebakaran mematikan dalam beberapa tahun terakhir. Kebakaran kerap kali terjadi di tempat hiburan seperti bar karaoke. 

Baca Juga: KJRI Gelar ASEAN Fun Walk di Ho Chi Minh Vietnam

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya