KJRI Gelar ASEAN Fun Walk di Ho Chi Minh Vietnam

Fun Walk ini jadi ajang memperkenalkan ASEAN ke masyarakat

Jakarta, IDN Times - KJRI bekerja sama dengan pemerintah kota Ho Chi Minh, Vietnam, dan konsulat jenderal negara ASEAN lain, menggelar ASEAN Fun Walk 2023 pada Sabtu, 12 Agustus 2023 lalu. Hampir 1.000 orang yang berasal dari komunitas masyarakat ASEAN di Ho Chi Minh, hadir dalam acara ini.

Salah satu tujuan digelarnya ASEAN Fun Walk ini adalah untuk mempromosikan semangat persahabatan, kerja sama dan perdamaian antar negara-negara anggota ASEAN. Kegiatan ini juga menjadi ajang pemersatu warga ASEAN yang tinggal di HCMC dalam suasana penuh semangat dan kegembiraan.

Peserta juga berkesempatan untuk menikmati budaya, penampilan serta makanan dari berbagai negara ASEAN dan merayakan keragaman di dalamnya.

1. Indonesia luncurkan banyak inisiatif sebagai Ketua ASEAN 2023

KJRI Gelar ASEAN Fun Walk di Ho Chi Minh VietnamASEAN Fun Walk 2023 di Ho Chi Minh, Vietnam. (dok. KJRI HCMC)

Chairman of Ho Chi Minh City People’s Committee, Phan Wan Mai, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh KJRI ini. Phan mengatakan kegiatan ini bisa membuat masyarakat semakin mengenal ASEAN.

"ASEAN Fun Walk adalah kegiatan yang pertama kali dilakukan di HCMC atas inisiatif KJRI. Tahun ini, Indonesia sebagai Ketua telah meluncurkan banyak inisiatif yang penting pada ketiga pilar untuk memperkuat ASEAN," kata Phan, dalam keterangan KJRI Ho Cho Minh, Selasa (15/8/2023).

Baca Juga: Jokowi Akan Pimpin 12 Pertemuan di KTT ASEAN Jakarta

2. ASEAN merupakan kawasan dengan pertumbuhan ekonomi tinggi

KJRI Gelar ASEAN Fun Walk di Ho Chi Minh VietnamASEAN Fun Walk 2023 di Ho Chi Minh, Vietnam. (dok. KJRI HCMC)

Sementara itu, Konsul Jenderal RI untuk Ho Chi Minh, Agustaviano Sofjan, menyampaikan Asia Tenggara merupakan kawasan yang dinamis dengan pertumbuhan ekonomi tinggi karena selalu mengedepankan dialog dan perdamaian.

"Kawasan Asia Tenggara mempunyai keragaman tinggi, namun hubungannya begitu kuat dan saling menguntungkan satu sama lain," ujarnya.

3. Memperkenalkan budaya dan makanan dari negara-negara ASEAN

KJRI Gelar ASEAN Fun Walk di Ho Chi Minh VietnamASEAN Fun Walk 2023 di Ho Chi Minh, Vietnam. (dok. KJRI HCMC)

Setelah mengakhiri jalan santai, semua peserta berkesempatan mencicipi makanan yang disuguhkan dari masing-masing Konsulat Jenderal ASEAN di HCMC. KJRI menyediakan makanan khas Indonesia seperti bubur kacang hijau, lemper, dadar gulung, dan risoles, yang sangat digemari oleh peserta yang hadir.

Selain itu, ada pula penampilan kesenian dan budaya di atas panggung dengan berbagai variasi pakaian tradisional masing-masing negara ASEAN. Di antara pertunjukan yang menjadi perhatian adalah bela diri pencak silat dan vovinam yang diperankan oleh pemuda-pemudi Vietnam.

Baca Juga: Presiden Joe Biden Disebut Bakal Absen di KTT ASEAN Jakarta 

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya