Kemlu China Puji Pidato Prabowo di Forum Shangri-La Singapura

Prabowo menyebut RI bisa jadi jembatan China dan AS

Jakarta, IDN Times - Kementerian Luar Negeri China memuji pidato Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dalam forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 di Singapura.

Prabowo menyampaikan posisi Indonesia terkait konflik Amerika Serikat dan China. Dalam pidatonya, Prabowo mengatakan bahwa posisi Indonesia jelas yaitu menghormati kedua negara dan memiliki kerja sama yang baik dengan AS maupun China.

Ia menyebut, China adalah mitra dekat Indonesia dan menjadi peradaban di Asia serta Indonesia bakal menjadi jembatan dari kedua negara.

Baca Juga: Prabowo Ketemu Menhas AS dan Singapura: Thank God, Gak Harus Pidato

1. Pidato Prabowo mengingatkan China dengan KAA

Kemlu China Puji Pidato Prabowo di Forum Shangri-La SingapuraDok.Pribadi/Agithyra Nidiapraja

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin mengatakan, dirinya teringat dengan Konferensi Asia Afrika di Bandung ketika mendengar pidato Prabowo.

“Pernyataan Pak Prabowo mengingatkan saya pada Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 67 tahun silam yang sangat terkenal itu,” kata Wang, dikutip dari ANTARA, Rabu (15/6/2022).

Menurut dia, dalam KAA 67 tahun silam itu, perwakilan negara Asia, Afrika dan Amerika Latin berkumpul dan menyepakati Dasa Sila Bandung yang mengacu pada lima prinsip hidup berdampingan secara damai.

“Mereka membangun semangat solidaritas, persahabatan, dan kerja sama. Semua ini masih sangat relevan dalam mengatasi masalah hubungan internasional saat ini,” lanjutnya.

2. Negara di kawasan Asia harus bersatu dan bekerja sama

Kemlu China Puji Pidato Prabowo di Forum Shangri-La SingapuraJuru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin. (ANTARA/M. Irfan Ilmie)

Oleh sebab itu, Wang mengajak semua negara harus bersatu dan bekerja sama membangun solidaritas untuk menghindari konfrontasi.

“Setelah mengalami perang panas dan perang dingin, masyarakat Asia mengerti bahwa perdamaian itu lebih baik,” tutur dia.

Dia menegaskan, China juga akan selalu berpegang pada jalan damai. China selalu berkomitmen dan memegang prinsip yang disepakati di KAA dengan terus menjaga solidaritas, koordinasi, harmonisasi, dan inklusivitas di Asia.

3. Prabowo bicara soal negara Asia yang pernah dijajah

Kemlu China Puji Pidato Prabowo di Forum Shangri-La SingapuraMenteri Pertahanan, Prabowo Subianto dalam acara Peluncuran Holding dan Program Stategis BUMN Industri Pertahanan di Surabaya, Rabu (20/4/2022). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain berbicara terkait hubungan Indonesia dan China, Prabowo juga berbicara tentang pengalaman negara-negara Asia yang pernah mengalami penjajahan.

Ia juga menganggap China sebagai sahabat baik Indonesia di segala bidang.

Baca Juga: Belajar dari Ukraina, Prabowo: Pertahanan Negara Tak Bisa Diabaikan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya