Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Dapat Penghargaan

Penghargaan diberikan dari Dubes negara-negara Arab

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menerima kunjungan para Duta Besar dan perwakilan dari Kedutaan Besar Negara-Negara Arab untuk Indonesia di Kementerian Luar Negeri, Selasa (2/4/2024).

Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam dan membahas perkembangan Palestina, terutama Gaza.Dalam pertemuan itu juga, para duta besar menyampaikan penghargaan yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam isu Palestina.

Para Duta Besar memperhatikan dengan seksama semua langkah yang telah dilakukan selama ini oleh Indonesia untuk isu Palestina. Penghargaan tersebut antara lain disampaikan Dubes Palestina untuk Indonesia, Zuhair S.M. AlShun.

“Seluruh rakyat Indonesia terlibat dalam mendukung perjuangan Palestina. Saya hargai keaktifan Anda di berbagai organisasi internasional dalam memperjuangkan Palestina,” kata Al Shun, dalam keterangan Kemlu RI.

1. Pentingnya kesatuan sikap soal Palestina

Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Dapat PenghargaanMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat penghargaan dari duta besar negara Arab karena perjuangannya membela Palestina. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, Retno menegaskan bahwa penntingnya kesatuan sikap dan posisi dalam perjuangan bangsa Palestina serta memiliki tanggung jawab moral untuk mendukung Palestina. Retno juga membahas lagi soal resolusi Dewan Keamanan PBB soal gencatan senjata di Gaza.

“Indonesia menyambut baik Resolusi tersebut. Namun demikian kita semua memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan Resolusi tersebut dapat diimplementasikan dan dihormati oleh Israel”, kata Retno.

Lebih lanjut, Retno menyampaikan sudah banyak Resolusi Dewan Keamanan PBB mengenai Palestina. Jika Resolusi-resolusi tersebut diimplementasikan, situasi Palestina tidak akan seperti saat ini.

“Saya menyayangkan bahwa setelah resolusi 2728 tersebut dikeluarkan, Israel tetap melanjutkan serangannya,” sambung dia.

Baca Juga: Terima Menlu Selandia Baru, Retno Singgung soal Gaza

2. Palestina harus jadi anggota penuh di PBB

Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Dapat PenghargaanMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat penghargaan dari duta besar negara Arab karena perjuangannya membela Palestina. (dok. Kemlu RI)

Selain itu, Retno juga mendukung terus keanggotaan penuh Palestina di PBB. Dia juga mengajak para duta besar yang hadir untuk menyampaikan ke negaranya agar melakukan hal yang sama.

“Kita juga mendukung upaya untuk menyelamatkan UNRWA, mengingat peran UNRWA dalam membantu pengungsi Palestina. Saya mengapresiasi negara-negara yang telah memutuskan untuk kembali memberikan dukungan keuangan, setelah keputusan sebelumnya untuk menangguhkannya,” tutur dia.

3. Indonesia kecam serangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Suriah

Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Dapat PenghargaanMenlu Retno Marsudi hadiri acara di PWI ada Kamis (1/3/2024). (IDN Times/Fauzan)

Retno juga mengecam serangan Israel atas gedung dan fasilitas diplomatik Iran di Damaskus. Aksi tersebut merupakan pelanggaran hukum internasional yang jelas mengatur bahwa fasilitas diplomatik harus dilindungi.

Pertemuan Retno dengan perwakilan negara-negara Arab dihadiri oleh tujuh Duta Besar, yaitu dari Palestina, Yordania, Arab Saudi, Aljazair, Suriah, Oman, dan Mesir; serta 13 perwakilan dari kedutaan besar yakni: Bahrain, Mauritania, Yaman, Libanon, PEA, Irak, Libia, Qatar, Kuwait, Tunisia, Sudan, Somalia, dan Maroko.

 

Baca Juga: Menlu Retno Kecam Wacana Israel Gunakan Nuklir di Gaza

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya