Comscore Tracker

Menlu AS: Kami Bangga atas Sejarah Persahabatan dengan RI 

AS ucapkan selamat atas HUT RI ke-77

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengucapkan HUT RI ke-77. Ia juga menyatakan kebanggaannya atas sejarah panjang persahabatan dan kerja sama antara AS dan Indonesia.

“Saya menyaksikan secara langsung kekuatan hubungan kami dan pentingnya kemitraan Strategis AS-Indonesia ketika saya mengunjungi Jakarta pada Desember 2021 dan Bali pada Juli 2022,” kata Blinken pada pernyataan yang dirilis Kementerian Luar Negeri AS, Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Hadiri Pertemuan Menlu G20 di Bali, Blinken Bawa Isu Rusia-Ukraina

1. AS mendukung kepemimpinan RI di G20 dan ASEAN

Menlu AS: Kami Bangga atas Sejarah Persahabatan dengan RI Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, saat berbicara dalam konferensi pers pada Senin 1 Februari 2021. (Facebook.com/U.S. Department of State)

Blinken juga menyatakan dukungan AS bagi kepemimpinan Indonesia di G20 dan keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023 mendatang.

“AS merasa terhormat memiliki mitra yang dekat di kawasan ini saat kami bekerja mengamankan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” lanjutnya.

“Atas nama AS, saya mengirimkan ucapan selamat kepada rakyat Indonesia pada hari ini,” tutur dia.

Baca Juga: Blinken Disebut Bahas Normalisasi Israel-RI saat Berkunjung ke Jakarta

2. Blinken yakin dengan multilateralisme Indonesia

Menlu AS: Kami Bangga atas Sejarah Persahabatan dengan RI Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken (kiri) saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi di Bali pada 8 Juli 2022. (twitter.com/SecBlinken)

Saat bertemu Menlu Retno Marsudi di gelaran Pertemuan Menlu G20 di Bali, Juli lalu, Blinken menegaskan bahwa AS sepakat dengan Indonesia terkait multilateralisme.

“Multilateralisme sangat penting dan kepemimpinan Indonesia saat ini, tidak hanya untuk Indonesia, bukan untuk AS, tapi untuk dunia, sangat penting,” tegas Blinken kala itu.

Baca Juga: Menlu Wong: Australia Salah Satu Pendukung Pertama Kemerdekaan RI 

3. Australia juga mengucapkan HUT RI ke-77

Menlu AS: Kami Bangga atas Sejarah Persahabatan dengan RI Menlu RI Retno Marsudi berkomunikasi dengan Menlu Australia Penny Wong. (dok. Twitter Menlu RI)

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong menyatakan bahwa Australia merupakan salah satu pendukung pertama ketika Indonesia berjuang untuk mencapai kemerdekaannya.

“Kami sangat bangga bahwa hubungan erat yang telah terjalin sejak itu adalah karena hubungan bisnis, pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat kita,” tulis Wong di akun Twitter-nya, Rabu (17/8/2022).

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya