Menlu China: ASEAN Organisasi Regional Paling Sukses di Dunia  

China mendukung tujuan dari TAC dan sentralitas ASEAN

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri China Qin Gang memuji kekuatan ASEAN dalam mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan. Pujian ini dia lontarkan secara tertulis di Jakarta Forum on ASEAN-China Relations, yang dibacakan oleh Asisten Menlu China, Nong Rong.

Forum ini menyediakan wadah diskusi untuk memperingati 20 tahun aksesi China terhadap Traktat Persahabatan dan Kerja Sama atau Treaty of Amity and Cooperation in Southeast Asia (TAC) dengan ASEAN.

“ASEAN adalah salah satu organisasi kerja sama regional yang paling sukses di dunia. Sebagai dokumen fundamental ASEAN, TAC memiliki tujuan dan prinsip yang sangat selaras dengan Piagam PBB,” kata Qin, Kamis (22/6/2023).

Baca Juga: 20 Tahun Aksesi TAC, China Komitmen Sejalan dengan ASEAN 

1. Kerja sama China-ASEAN paling produktif di Asia Pasifik

Menlu China: ASEAN Organisasi Regional Paling Sukses di Dunia  Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri China Qin Gang dalam JCBC ke-4 Indonesia dan China di Jakarta. (dok. Kemlu RI)

Selain itu, Qin juga menyebut bahwa kerja sama antara China dan ASEAN adalah contoh kerja sama yang paling bersemangat dan produktif di kawasan Asia Pasifik, yang juga secara aktif mempromosikan perdamaian dan stabilitas.

“Selama 20 tahun terakhir, terutama dekade terakhir sejak Presiden Xi Jinping mengajukan gagasan untuk membangun komunitas China-ASEAN, kami telah berhasil menempuh jalan bersama dan pembangunan bersama yang baik,” ucap Qin lagi.

China sendiri meneken TAC pada 8 Oktober 2003 dan merupakan negara pertama yang bergabung dengan TAC serta menjalin kemitraan strategis dengan ASEAN.

Baca Juga: Rivalitas China-AS, Uni Lubis: China Lebih Serius Dekati Indonesia

2. China dukung persatuan dan sentralitas ASEAN

Menlu China: ASEAN Organisasi Regional Paling Sukses di Dunia  Presiden Jokowi terima Menteri Luar Negeri China, Qin Gang di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (22/2/2023) (dok. Sekretariat Presiden)

Qin menegaskan bahwa China mendukung persatuan dan sentralitas ASEAN, serta akan terus mendukung tujuan TAC.

“China akan bekerja dengan ASEAN untuk menjunjung tinggi tujuan dan prinsip TAC, bertindak berdasarkan prinsip multilateralisme, dan menjaga persatuan serta ketertiban kawasan untuk menjaga perdamaian,” tutur Qin.

Baca Juga: Sekjen ASEAN Temui Menlu China, Bahas Apa? 

3. China bantu ASEAN wujudkan Visi 2025

Menlu China: ASEAN Organisasi Regional Paling Sukses di Dunia  Para pemimpin ASEAN telah berkumpul di Labuan Bajo. (dok. Youtube Setpres RI)

Peran yang China mainkan saat ini, terutama dalam kerja sama dengan ASEAN, salah satunya untuk membantu ASEAN mewujudkan Visi 2025. China juga menjadi salah satu mitra wicara ASEAN yang sangat mendukung Sentralitas ASEAN.

Hingga Maret 2023, ASEAN bahkan tercatat sebagai mitra dagang terbesar China dibandingkan Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS).

China juga telah menyatakan siap untuk mempromosikan kerja sama pembangunan global dan bekerja dengan semua pihak demi membangun komunitas global yang damai di kawasan.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya