Menlu China Puji Kepemimpinan Jokowi di Pembangunan 

China bakal terus dukung Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengucapkan selamat atas proses pemilihan umum Indonesia yang sudah rampung. Hal ini ia ungkapkan ketika berkunjung ke Jakarta dan diterima oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

“Selamat atas lancar dan suksesnya pemilu Indonesia dan juga kami memuji kepemimpinan Presiden RI Joko Widodo atas keberhasilan pembangunan luar biasa selama ini. Kedatangan saya ke sini dengan tujuan menunjukkan dukungan kuat untuk Indonesia dan membangun hubungan bilateral ke tingkat yang lebih tinggi,” kata Wang, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (18/4/2024).

Wang sempat membeberkan apa yang ia bicarakan dengan Retno saat pertemuan bilateral. Salah satunya adalah kesepakatan mempercepat kerja sama pembangunan.

“Kita juga membahas apa saja yang sudah tercapai selama ini. Saling bertukar pendapat dan sepakat mempercepat pembangunan demi masa depan bersama,” ungkap Wang.

Baca Juga: Menlu China Wang Yi Bakal ke Indonesia Pekan Ini

1. Berlandaskan saling percaya antarnegara

Menlu China Puji Kepemimpinan Jokowi di Pembangunan Pertemuan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Wang juga menegaskan bahwa rasa saling percaya harus ada di dalam hubungan bilateral dua negara.

“Kami harap China dan Indonesia selalu saling percaya dan saling bantu serta menjunjung tinggi keadilan dan kesetaraan. Terutama China juga siap membantu Indonesia untuk pembangunan yang berkualitas tinggi,” tutur Wang.

2. Yakin Visi Indonesia Emas 2045 akan tercapai

Menlu China Puji Kepemimpinan Jokowi di Pembangunan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi. (dok. Gallery ASEAN 2023)

Wang juga meyakini bahwa visi Indonesia Emas 2045 yang dicanangkan Indonesia ini bakal tercapai nantinya.

“Kami juga membahas pemahaman soal dukungan satu sama lain. Kami akan membantu negara-negara berkembang, terutama dalam hubungan bilateral, dan kami yakin visi Indonesia Emas 2045 akan sukses,” katanya.

“Kami akan terus memperluas kerja sama kekuatan, produktif kualitas tinggi di bidang ekonomi digital dan sebagainya, kerja sama Belt and Road, serta bersama-sama bekerja sama untuk perkembangan berkelanjutan serta transformasi ekonomi. Kedua pihak akan bersama-sama mendorong keterbukaan, inklusif dan kerja sama yang saling menguntungkan,” lanjut Wang.

Baca Juga: China Siap Gaspol Pembangunan Jalur Sutra Digital

3. Bersama-sama menjaga kestabilan kawasan

Menlu China Puji Kepemimpinan Jokowi di Pembangunan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ketika bertemu dengan Presiden Xi Jinping di Chengdu, China pada Kamis, 27 Juli 2023. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Wang juga mengangkat soal kerja sama Indonesia dan China untuk mengupayakan kolaborasi menjaga keamanan dan kestabilan kawasan.

“Kami juga sepakat untuk bersama-sama menjaga kestabilan kawasan dan juga global yang menjadi perhatian bersama,” ungkap dia.

 

Baca Juga: Menlu China-AS Bertemu: Bahas Laut China Selatan dan Taiwan

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya