Menlu Retno Hadiri Pertemuan ASEAN-India, Tegaskan Toleransi 

SAIFMM digelar di India

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-India (SAIFMM) pada 16-17 Juni 2022 di India. Pertemuan ini juga untuk memeringati 30 tahun kemitraan ASEAN dan India.

Para Menlu ASEAN dan Sekretaris Jenderal ASEAN Lim Jock Hoi juga bertemu dengan Perdana Menteri India Narendra Modi.

1. 10 Menlu ASEAN hadir

Menlu Retno Hadiri Pertemuan ASEAN-India, Tegaskan Toleransi Menlu RI Retno Marsudi di SAIFMM, India. (dok. Twitter Menlu RI)

SAIFMM diketuai oleh Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan. Seluruh 10 menlu negara ASEAN hadir lengkap beserta Sekjen ASEAN.

Dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri India, Kamis (16/6/2022), para menteri disebutkan membahas status kemitraan ASEAN dan India serta kemitraan yang akan datang.

Sejumlah isu diangkat seperti kesehatan dan pandemik COVID-19, perdagangan, konektivitas fisik dan digital, pendidikan dan peningkatan kapasitas serta pernyataan bersama soal ASEAN Outlook on Indo Pacific.

Para menlu juga bertukar pandangan tentang perkembangan isu regional serta global dan pemulihan ekonomi pasca pandemik.

Baca Juga: India Gusur Rumah Sejumlah Tokoh Muslim, Aksi Protes Memanas

2. Menlu Retno tegaskan toleransi dan kerja sama bidang kesehatan

Menlu Retno Hadiri Pertemuan ASEAN-India, Tegaskan Toleransi Menlu RI Retno Marsudi di SAIFMM India. (dok. Twitter Menlu RI)

Mengutip cuitan Menlu RI Retno Marsudi di akun Twitternya, ia menegaskan pentingnya toleransi di kawasan multikultural.

“Menanggapi dinamika global dan imbasnya ke kawasan, harus ada kerja sama ASEAN dan India untuk menguatkan kerja sama di bidang kesehatan, ketahanan pangan juga stabilitas kawasan,” tulis Retno.

3. Isu Indo Pasifik dibahas

Menlu Retno Hadiri Pertemuan ASEAN-India, Tegaskan Toleransi Bendera ASEAN. (setnas-asean.id)

Dalam pertemuan ini, Jaishankar juga menyampaikan pidato Delhi Dialogue yang berfokus pada 30 tahun hubungan ASEAN dan India dengan menegaskan kerja sama di Indo Pasifik.

Secara keseluruhan, pertemuan diadakan dalam suasana yang bersahabat dan menggarisbawahi pentingnya hubungan India dan ASEAN serta sentralitas ASEAN dan juga visi untuk Indo Pasifik yang lebih luas.

Baca Juga: Israel dan India Akan Lanjutkan Pembicaraan Perdagangan Bebas

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya