Menlu Retno Telepon Menlu Iran, Minta Semuanya Tahan Diri

Retno sampaikan keprihatinan atas situasi terkini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, menelepon Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir-Abdollahian terkait situasi Timur Tengah yang sedang memanas.

"Saya melakukan percakapan telepon dengan FM @Amirabdolahian Iran hari ini. Saya menyampaikan keprihatinan saya atas situasi yang mengkhawatirkan di Timur Tengah dan menyerukan semua negara terkait untuk menahan diri dan meredakan ketegangan," kata Retno, dalam akun X @Menlu_RI, Senin (15/4//2024).

1. Retno juga telepon sejumlah Menlu negara lain

Selain itu, Retno juga mengaku mengadakan percakapan via telepon dengan beberapa menlu negara lain terkait eskalasi saat ini.

"Saya juga berkomunikasi atau bertukar pesan dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Yordania, Mesir, Uni Emirat Arab, Turki, Belanda dan Jerman. Saya mendorong semua orang untuk menggunakan pengaruh mereka untuk menyerukan pengendalian diri dan meredakan situasi," ucap Retno.

Baca Juga: Israel Desak PBB Jatuhkan Sanksi ke Iran 

2. Kemlu terus memantau situasi di Timur Tengah

Menlu Retno Telepon Menlu Iran, Minta Semuanya Tahan DiriIran luncurkan penyerangan udara ke langit Israel dengan drone. (x.com/clashreport/subodhrebel)

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri RI dan para perwakilan RI terkait kini terus memantau dari dekat situasi dan eskalasi yang terjadi pascaserangan Israel ke fasilitas diplomatik Iran di Damaskus, dan serangan balasan Iran yang meluncurkan 300 drone ke Israel kemarin.

“Eskalasi situasi keamanan di Timur Tengah tersebut telah menyebabkan beberapa negara di Timur Tengah melakukan pembatasan atau penutupan wilayah udara mereka untuk penerbangan komersil maupun penerbangan lainnya,” sebut pernyataan Kemlu RI.

3. Minta WNI yang akan transit di wilayah udara Timur Tengah untuk cek penerbangannya

Menlu Retno Telepon Menlu Iran, Minta Semuanya Tahan DiriIran luncurkan penyerangan udara ke langit Israel dengan drone. (x.com/clashreport/DeSi__kaTTa)

Kemlu juga mengimbau WNI yang berencana melakukan perjalanan dengan rute penerbangan melewati wilayah udara atau transit bandara di negara-negara Timur Tengah, diimbau untuk mengantisipasi gangguan jadwal penerbangan (flight disruption).

“Para WNI yang akan transit segera menghubungi maskapai masing-masing untuk mendapat update penerbangan,” lanjut pernyataan itu.

Kemlu juga mengimbau seluruh WNI yang berencana untuk bepergian ke Iran dan Israel, sementara bisa menunda rencana perjalanan mereka.

Baca Juga: Warga Israel Ketakutan karena Serangan Iran, Khawatir Konflik Meluas!

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya