Comscore Tracker

Muncul Petisi Minta Boris Johnson Jadi WN dan PM Ukraina 

Petisi ini sudah mendapat 2.500 tanda tangan.

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini ada sebuah petisi muncul yang meminta agar Perdana Menteri Inggris Boris Johnson diberikan kewarganegaraan Ukraina dan menjadikannya Perdana Menteri Ukraina.

Petisi ini dikeluarkan oleh warga Ukraina dan telah mengumpulkan lebih dari 2.500 tanda tangan. Meski Johnson kehilangan popularitas di negaranya sendiri, tampaknya ia masih menjadi tokoh favorit di Ukraina karena sikapnya yang cukup vokal terhadap Rusia.

Baca Juga: 8 Kandidat Pengganti Boris Johnson Sebagai PM Inggris

1. Petisi ditujukan ke Presiden Volodymyr Zelenskyy

Muncul Petisi Minta Boris Johnson Jadi WN dan PM Ukraina Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, saat berbicara dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen melalui sambungan telepon pada 8 Desember 2020. (Facebook.com/Boris Johnson)

Petisi ini ditujukan kepada Presiden Volodymyr Zelenskyy. Di dalam petisi disebutkan bahwa jelas Johnson melawan invasi Rusia ke Ukraina. Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (26/7/2022), namun petisi ini bisa saja tidak sah karena bakal bertentangan dengan konstitusi Ukraina.

Setelah petisi dipasang, Johnson memberi Penghargaan Kepemimpinan Sir Winston Churchill kepada Zelenskyy. Johnson menyebut Zelenskyy adalag sosok berani dengan martabat luar biasa.

Baca Juga: Rusia Serang Pantai Laut Hitam di Ukriana, Inggris: Intelnya Jadul!

2. Boris Johnson mengunjungi Kiev

Muncul Petisi Minta Boris Johnson Jadi WN dan PM Ukraina Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, saat mengumumkan kebijakan lockdown nasional ketiga pada 5 Januari 2020. (Facebook.com/Boris Johnson)

Secara mendadak, Johnson sempat melakukan perjalanan ke Ukraina dan bertemu Zelenskyy pada 10 April 2022 lalu.

Johnson memberi dukungan kepada rakyat Ukraina dan menjanjikan bantuan militer untuk Kiev. London juga berjanji akan mengirim lebih banyak senjata ke Ukraina guna mempertahankan diri dari gempuran Rusia.

Kala itu, Zelenskyy pujian kepada Johnson. Dia menyebut Johnson sebagai pemimpin G7 pertama yang dengan berani datang ke Kiev. Zelenskyy juga menyebut Inggris telah memberi bantuan senjata yang lebih banyak dari rekan Eropa lainnya.

Baca Juga: Kunjungi Kiev, PM Inggris Janjikan Melatih Pasukan Militer Ukraina

3. Solidaritas untuk rakyat Ukraina

Muncul Petisi Minta Boris Johnson Jadi WN dan PM Ukraina PM Inggris, Boris Johnson dan Presiden Ukraina, Volodmyr Zelenskyy. (twitter.com/Boris Johnson)

Johnson mengatakan kunjungan itu adalah untuk menunjukkan solidaritas kepada rakyat Ukraina. "(Pertemuan) untuk menunjukkan dukungan yang tak tergoyahkan kami untuk rakyat Ukraina," cuit Johnson. 

Dalam pertemuan itu, dibahas juga tentang dukungan jangka panjang Inggris ke Ukraina, dan Johnson menjanjikan paket bantuan keuangan serta militer terbaru untuk Ukraina.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya