Musim Haji, Diaspora Saudi Hadirkan Warung Indonesia 

Jemaah haji Indonesia tak sulit lagi mencari makanan

Jakarta, IDN Times - Jemaah asal Indonesia yang sedang melaksanakan ibadah haji kini tak perlu kesusahan mencari makanan Indonesia. Pasalnya, ada Warung Indonesia yang dihadirkan di satu kompleks pemondokan terbesar Jemaah Haji Indonesia di Mekkah, tepatnya di Al Kiswah Towers Hotel Makkah.

Warung Indonesia ini dikelola oleh seorang diaspora berwarga negara Arab Saudi dengan harga yang murah. Tujuannya bukan semata mengejar keuntungan, tetapi membantu jemaah dan sekaligus memperkenalkan berbagai produk makanan dan minuman yang telah beredar di pasar Arab Saudi.

Keberadaan Warung Indonesia ini bekerja sama dengan tim Promosi Ekonomi Terpadu (Prometer) Konsulat Jenderal RI (KJRI) Jeddah.

Baca Juga: Indonesia Berangkatkan 150 Tenaga Kesehatan ke Arab Saudi

1. Aneka makanan disediakan di Warung Indonesia

Musim Haji, Diaspora Saudi Hadirkan Warung Indonesia Warung Indonesia di Jeddah, Arab Saudi (dok. KJRI Jeddah)

Al Kiswah Towers Hotel Makkah sengaja dipilih sebagai lokasi Warung Indonesia karena memiliki kapasitas tampung tamu yang cukup besar. Hotel yang berjarak sekitar 1,8 km dari Masjidil Haram ini terdiri dari tower, masing-masing berkapasitas 5 ribu jemaah.

Saat meninjau warung tersebut, Konsul Jenderal RI Jeddah, Eko Hartono bersama Tim Prometer sempat mencicipi hidangan bakso. Selain bakso dan santapan ringan lainnya, tersaji pula jajanan tradisional seperti bakwan, bolu kukus, kembang goyang, tempe mendoan, tahu isi dan aneka jajanan lainnya.

Baca Juga: Jemaah Haji Gelombang II Sudah Mulai Tiba di Jeddah

2. KJRI Jeddah memanfaatkan peluang untuk promosikan Indonesia di Arab Saudi

Musim Haji, Diaspora Saudi Hadirkan Warung Indonesia Warung Indonesia di Jeddah, Arab Saudi (dok. KJRI Jeddah)

Inisiatif pembukaan warung ini selain sebagai ajang promosi, juga salah satu terobosan untuk menyerap produk-produk kita di pasar Arab Saudi.

“Jadi jemaah tak perlu repot-repot keluar hotel, pergi ke toko atau apotek. Pegal-pegal, linu atau masuk angin, tinggal mampir ke Warung Indonesia,” kata Konjen Eko, dalam keterangan tertulis KJRI Jeddah kepada IDN Times, Rabu (29/6/2022).

Konjen Eko Hartono menambahkan, KJRI Jeddah akan terus berikhtiar memanfaatkan semua peluang, termasuk musim haji, untuk memperluas peredaran produk-produk Indonesia, sekaligus mempromosikan kuliner nusantara di Arab Saudi.

Baca Juga: Hai Jamaah Haji, Ada Sederet Pesan Penting dari Bea Cukai nih!

3. Warung Indonesia dibuka empat tower untuk memudahkan jemaah

Musim Haji, Diaspora Saudi Hadirkan Warung Indonesia Jemaah haji Indonesia kloter pertama tahun 2022 di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Warung Indonesia dibuka di empat tower untuk memudahkan jemaah memperoleh kebutuhan yang mereka cari.

Asim Garout, Warga Negara Arab Saudi, dipercaya untuk mengelola warung tersebut. Selain karena fasih berbahasa Indonesia, mantan manajer sejumlah hotel bintang lima di Kota Suci Mekkah ini, saat ini mengelola sejumlah restoran yang menyajikan masakan Indonesia.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya