Pebisnis Yordania dan Palestina Minati Produk Indonesia 

KBRI Amman gelar sosialisasi TEI

Jakarta, IDN Times - KBRI Amman menggelar sosialisasi Trade Expo Indonesi (TEI) ke-38 dan Halal Expo Indonesia. Acara ini dihadiri oleh para tokoh penting dan pelaku bisnis dari Indonesia, Yordania dan Palestina.

Acara tersebut menjadi ajang pertemuan bagi para importir, eksportir, dan distributor produk Indonesia yang berbasis di Yordania dan Palestina.

1. Pentingnya kerja sama ekonomi Indonesia, Yordania dan Palestina

Pebisnis Yordania dan Palestina Minati Produk Indonesia Sosialisasi pebisnis Yordania dan Palestina untuk TEI dan Halal Expo Indonesia. (dok. KBRI Amman)

Acara dibuka oleh Duta Besar RI untuk Yordania, Ade Padmo Sarwono. Dalam sambutannya, ia menggarisbawahi pentingnya kerja sama ekonomi yang semakin baik antara Indonesia, Yordania, dan Palestina.

“Terbukti, dalam dua tahun terakhir, perdagangan antara Indonesia dan Yordania mengalami peningkatan yang signifikan, dari  529 juta dolar AS pada tahun 2021 menjadi 983,5 juta dolar AS pada tahun 2022,” kata Ade, dalam keterangan KBRI Amman, Sabtu (12/8/2023).

Sementara itu, bisnis Indonesia dengan Palestina juga tumbuh positif dari 1,5 juta dolar AS pada tahun 2021 menjadi 2,1 juta dolar AS pada tahun 2022. Ade juga menyoroti hubungan perdagangan dan ekonomi, yang pada akhirnya akan memperdalam hubungan bilateral Indonesia-Yordania dan Palestina.

Baca Juga: Lebanon Ancam Kerahkan Pasukan Gegara Faksi Palestina Saling Bentrok

2. Potensi produk Indonesia cukup besar

Pebisnis Yordania dan Palestina Minati Produk Indonesia Duta Besar RI untuk Yordania, Ade Padmo Sarwono. (dok. KBRI Amman)

Sementara itu, Presiden Asosiasi Pengusaha Indonesia-Yordania Suhail Saidi membagikan kisah sukses keerja sama dengan mitra bisnis Indonesia sejak 1977.

Ia juga menggarisbawahi potensi produk-produk Indonesia, seperti produk pertanian (kopi dan kelapa sawit), makanan olahan, dan produk makanan laut. Suhail Saidi menegaskan peluang pasar Indonesia yang telah terintegrasi dengan kawasan ASEAN dan mampu mencapai 600 juta orang.

3. Minat pebisnis untuk produk Indonesia

Pebisnis Yordania dan Palestina Minati Produk Indonesia Sosialisasi pebisnis Yordania dan Palestina untuk TEI dan Halal Expo Indonesia. (dok. KBRI Amman)

Peserta acara menunjukkan minatnya untuk menghadiri kedua pameran tersebut, baik untuk mencari produk baru maupun berkontribusi dalam kesuksesan produk-produk yang telah mereka beli sebelumnya.

Para pengusaha Palestina juga menunjukkan ketertarikan khusus terhadap Halal Expo Indonesia (HEI). Ade menegaskan bahwa hubungan perdagangan dengan Palestina bukan hanya komersial semata, melainkan juga merupakan bentuk dukungan Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Kegiatan ini telah menciptakan platform yang efektif untuk meningkatkan kerja sama bisnis dan perdagangan antara Indonesia, Yordania, dan Palestina, serta memperkuat kerja sama ekonomi yang bermanfaat bagi semua pihak.

Baca Juga: Bertemu di Yordania, Palestina-Israel Sepakat Akhiri Ketegangan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya