Penumpang Kapal Selam Wisata Titanic Dinyatakan Tewas

Beberapa puing kapal selam ditemukan

Jakarta, IDN Times - Seluruh penumpang kapal selam wisata Titanic yang berjumlah 5 orang, dinyatakan tewas. Perusahaan kapal, OceanGate mengumumkan hal tersebut setelah ditemukannya beberapa puing kapal.

Sebelumnya, tim pencarian mengatakan, mereka menemukan setidaknya 5 potongan besar puing kapal yang diduga adalah kapal selam Titan yang hilang sejak Senin (19/6/2023), di timur Cape Gold, Kanada, pada kedalaman 3.900 meter.

Dilansir dari CNN, Jumat (23/6/2023), tim pencarian juga menemukan puing-puing yang lebih kecil di dekat penemuan puing pertama. Diduga kapal ini hancur akibat tekanan air.

Baca Juga: Kapal Selam Wisata Titanic Belum Ditemukan, Oksigen Cuma Sampai Besok

1. Oksigen sudah habis sejak kemarin

Sementara itu, jika memang kapal selam tersebut masih bertahan, persedian oksigen di dalamnya pun hanya tersedia hingga Kamis pagi kemarin.

Itu artinya, pada hari ini pun mereka tak bisa diselamatkan karena kehabisan oksigen.

Ada 5 orang di dalamnya yang mengikuti ekspedisi melihat bangkai kapal Titanic ini. Mereka adalah Hamish Harding, Paul Henri Nargeolet, Shahzada Dawood dan putranya Suleman Dawood, serta Kepala Eksekutif OceanGate Expeditions, Stockton Rush.

Baca Juga: Kapal Selam Hilang saat Ekspedisi Jelajahi Bangkai Titanic

2. Turis bayar ekspedisi Titanic lebih dari Rp3 miliar

OceanGate menjalankan misi tahunan ketiga untuk mengunjungi bangkai Titanic pada tahun ini. Beberapa hari sebelum ekspedisi dilakukan, perusahaan menyebut menggunakan jaringan Stalink untuk komunikasi di tengah Samudera Atlantik.

"Setelah ekspedisi sukses ke bangkai kapal pada tahun 2021 dan 2022, ekspedisi OceanGate akan terus kembali setiap tahun untuk mendokumentasikan lebih lanjut Titanic dan tingkat kerusakannya," kata perusahaan.

Penumpang di kapal selam dibebankan biaya sebesar 250 ribu dolar atau sekitar Rp3,7 miliar untuk paket perjalanan selama delapan hari.

Baca Juga: Pemindaian 3D Ungkap Detail Bangkai Kapal Titanic

3. Tim pencari sempat mendengar suara

Sebelum penemuan puing, tim pencarian kapal sempat mendengar suara-suara di daerah dekat tempat kapal tersebut hilang. Operasi pencarian pun sempat digeser untuk mencari sumber suara.

Perangkat sonar pun ditambah dan suara-suara itu masih terdengar. Bangkai kapal Titanic yang menjadi objek wisata pun diketahui berada di bawah kedalaman 4 kilometer.

Kelima orang penumpang tersebut pun terkurung di dalam kapal selam yang dikunci dari luar. Mereka tidak dapat keluar dari kapal selam tersebut, bahkan ketika kapal selam muncul di permukaan.

Baca Juga: 3 Kapal Selam yang Dipesan RI ke Korsel Mandek, Ini Alasannya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya