Perdana, Taiwan Luncurkan Kapal Selam Buatan Sendiri

Pengujian akan dilakukan bulan depan

Jakarta, IDN Times - Taiwan akhirnya meluncurkan kapal selam militer pertama buatan sendiri yang diberi nama "Narwhal". Peluncuran ini dilakukan di kota pelabuhan Kaohsiung.

Peluncuran itu disebut oleh sang presiden, Tsai Ing-wen sebagai tonggak sejarah dalam 'kemandirian pertahanan' di tengah ketegangan di Selat Taiwan.

"Hari ini akan dikenang selamanya sebagai peluncuran kapal selam yang dirancang dan dibangun sendiri oleh orang-orang Taiwan," kata Tsai, dikutip dari ANTARA, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Kebakaran Picu Ledakan di Pabrik Taiwan, 5 Orang Tewas

1. Pengujian mulai bulan Oktober

Perdana, Taiwan Luncurkan Kapal Selam Buatan SendiriPresiden Taiwan Tsai Ing-wen memberi pidato dalam sebuah upacara kenegaraan pada 10 September 2020. (Facebook.com/蔡英文 Tsai Ing-wen)

Menurut Tsai, kapal itu akan diuji di laut mulai Oktober dan dijadwalkan akan dikirim ke angkatan laut pada akhir 2024.

Tsai mengatakan, kapal selam sangat penting bagi AL Taiwan dalam hal strategi dan taktik untuk mengembangkan 'kekuatan tempur asimetris' dalam menghadapi negara yang lebih kuat, yaitu China, dengan memanfaatkan kelemahannya.

Baca Juga: Pabrik Golf di Taiwan Meledak, 8 WNI Terluka 

2. Taiwan harus kembangkan kemampuan tempur

Perdana, Taiwan Luncurkan Kapal Selam Buatan SendiriPresiden Taiwan Tsai Ing-wen memberikan keterangan kepada media setelah pidato langsung kebijakan kedua menjelang pemilu pada Januari mendatang di Taipei, Taiwan, pada 25 Desember 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Ann Wang

Selain pengadaan senjata dari luar negeri, Taiwan juga harus menerapkan kemandirian pertahanan guna mengembangkan kemampuan tempur dan kemampuan pertahanan yang lebih tangguh.

Sejak menjabat pada Mei 2016, Tsai telah mendorong kebijakan untuk merancang dan memproduksi pesawat, kapal, dan kapal selam militer di dalam negeri.

Baca Juga: Taiwan Lobi Australia untuk Gabung Pakta Perdagangan Trans-Pasifik 

3. Proyek kapal selam diluncurkan sejak 2017

Perdana, Taiwan Luncurkan Kapal Selam Buatan SendiriPresiden Taiwan Tsai Ing-wen saat meninjau latihan Angkatan Bersenjata Taiwan pada 4 Februari 2021. (Facebook.com/蔡英文 Tsai Ing-wen)

Proyek kapal selam dalam negeri diluncurkan pada 2017 dan membuat terobosan besar pada 2018 ketika Departemen Luar Negeri AS mengizinkan produsen Amerika untuk menjual teknologi kapal selam ke Taiwan.

Kapal selam Narwhal yang diproduksi oleh pembuat kapal Taiwan CSBC Corp memiliki panjang sekitar 70 meter di kelas 2.500-3.000 ton. Anggaran sebesar 49,3 miliar New Taiwan Dollar (Rp23,77 triliun) telah dialokasikan untuk kapal selam pertama itu.

Menurut media lokal,  Taiwan ingin membangun kapal selam lainnya pada 2027 sehingga pulau itu akan memiliki tiga kapal selam siap tempur pada 2025 dan empat kapal selam pada 2027. Termasuk dua kapal selam kelas Chien Lung yang dibeli dari Belanda pada 1980-an.

Baca Juga: Presiden Paraguay Minta PBB Masukkan Taiwan Jadi Anggota

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya