PM Kanada Justin Trudeau Bakal Hadiri KTT G20 Bali

Kanada membawa sejumlah isu termasuk isu Ukraina

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengonfirmasi bahwa dirinya akan menghadiri KTT G20 di Bali, 15-16 November 2022.

Selain itu, Trudeau juga akan hadir di KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja dan KTT APEC di Bangkok, Thailand. Ketiga pertemuan tingkat tinggi ini memang digelar beruntun pada pekan depan.

Baca Juga: Trudeau Marah karena Wakil PM Kanada Dilecehkan: Diteriaki Jalang! 

1. Membawa isu Ukraina ke tiga KTT

PM Kanada Justin Trudeau Bakal Hadiri KTT G20 BaliJustin Trudeau, PM Kanada (instagram.com/justinpjtrudeau)

Trudeau mengatakan ia akan membawa sejumlah isu penting ke tiga KTT yang digelar di kawasan Asia Tenggara tersebut, salah satunya isu perang Rusia dan Ukraina. Dia berharap dapat bertemu dengan semua pemimpin negara dunia yang hadir dan mendiskusikan sejumlah isu penting saat ini, baik di kawasan maupun global.

"PM Trudeau akan terus mengecam referendum palsu wilayah-wilayah yang dicaplok Rusia dan pelanggaran hukum internasional oleh Rusia," sebut pernyataan dari situs resmi Perdana Menteri Kanada, Kamis (3/11/2022).

Baca Juga: Ukraina Minta Rusia Dikeluarkan dari G20

2. Trudeau menyoroti isu Indo-Pasifik

PM Kanada Justin Trudeau Bakal Hadiri KTT G20 BaliPerdana Menteri Kanada, Justin Trudeau. (twitter.com/Justin Trudeau)

Selain itu, Trudeau juga menyoroti isu Indo-Pasifik. Dia menyebut kawasan ini adalah kawasan pusat perdagangan dan investasi berkembang yang mendorong pasar terbuka.

"Selama kunjungannya ke Asia, PM Trudeau akan menunjukkan kemitraan kuat Kanada dalam membantu menumbuhkan ekonomi global untuk memberi manfaat bagi semua pihak," lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: Jokowi Akan Telepon 3 Negara yang Belum Konfirmasi Hadir di G20

3. Sebanyak 17 kepala negara dikonfirmasi hadir

PM Kanada Justin Trudeau Bakal Hadiri KTT G20 BaliKeterangan pers Presiden Jokowi usai tinjau lokasi KTT G20 pada Jumat (8/10/2021). (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Per Rabu 2 November 2022 kemarin, Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo menyebut bahwa sudah ada 17 negara yang memastikan hadir di KTT G20 pekan depan.

"Tapi, 17-18 sebuah angka yang banyak sekali di dalam keadaan normal itu banyak sekali, artinya di situasi sangat sulit sekali beliau-beliau datang itu sebuah kehormatan bagi kita," kata dia.

Namun, masih ada 3 negara yang belum mengkonfirmasi kehadirannya di Presidensi G20. Jokowi mengaku akan menelepon ketiga negara itu.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya