Prabowo Bakal Kunjungi Jepang Pekan Ini, Mau Bahas Apa?

Sebelumnya Prabowo menyambangi China 31 Maret-2 April 2024

Intinya Sih...

  • Prabowo Subianto akan mengunjungi Jepang pada 2-3 April 2024, setelah kunjungan ke China.
  • Kedutaan Besar Jepang di Indonesia mengonfirmasi rencana pertemuan Prabowo dengan pejabat pemerintah Jepang.
  •  

Jakarta, IDN Times - Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mengonfirmasi Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto akan mengunjungi Jepang selama dua hari, yakni pada 2-3 April 2024.

“Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menginfokan bahwa presiden terpilih, bapak Prabowo Subianto dijadwalkan mengunjungi Jepang pada 2 hingga 3 April 2024 dan sedang dalam proses mengatur pertemuan dengan para pejabat pemerintah Jepang,” demikian informasi yang diterima IDN Times, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Ketua KPU di Sidang MK: Cuma Prabowo Maju Pilpres 4 Kali

1. Prabowo juga akan sambangi China

Prabowo Bakal Kunjungi Jepang Pekan Ini, Mau Bahas Apa?Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Lin Jian (https://www.fmprc.gov.cn/)

Sebelum itu, Prabowo dilaporkan mengunjungi China pada 31 Maret hingga 2 April 2024. Hal ini dikonfirmasi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China.

"Atas undangan Presiden Xi Jinping, presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto akan mengunjungi Tiongkok mulai tanggal 31 Maret hingga 2 April. Presiden Xi Jinping akan mengadakan pembicaraan dengannya," ujar juru bicara Kemlu China Lin Jian, dikutip dari laman resmi Kemlu China.

Baca Juga: Prabowo akan Berkunjung ke China Penuhi Undangan Presiden Xi Jinping

2. Bakal bahas isu bilateral

Prabowo Bakal Kunjungi Jepang Pekan Ini, Mau Bahas Apa?Perdana Menteri China, Li Qiang. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam kunjungannya ke China, Prabowo tidak hanya akan menemui Xi Jinping. Dia juga disebut akan melakukan pembicaraan dengan perdana menteri Li Qiang.

"Dia (Prabowo) juga akan bertemu dengan Perdana Menteri Li Qiang. Mereka akan bertukar pandangan mengenai hubungan bilateral dan isu-isu yang menjadi kepentingan bersama," ujar Lin Jian.

3. Kunjungan untuk memperdalam persahabatan

Prabowo Bakal Kunjungi Jepang Pekan Ini, Mau Bahas Apa?Ilustrasi bendera China. (unsplash.com/Arthur Wang)

Pemerintah China menyebut kunjungan yang akan dilakukan Prabowo menjadi kunjungan pertamanya sebagai presiden terpilih Indonesia.

Dalam keterangan resminya, pemerintah China mengatakan, kunjungan ini menjadi kesempatan besar untuk meningkatkan persahabatan antara China dan Indonesia. Disebutkan pula, kunjungan ini menjadi upaya memperdalam kerja sama strategis yang komprehensif dan menyinergikan strategi pembangunan dengan lebih baik.

"Untuk memberikan contoh yang baik tentang negara-negara berkembang yang merangkul masa depan bersama dan bekerja dalam solidaritas untuk pembangunan bersama dan menjadi sumber stabilitas dan kekuatan bagi pembangunan bersama," ujar Lin Jian.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya