Prabowo-Menhan AS Bahas Modernisasi Militer Indonesia

Prabowo dan Lloyd Austin berbicara via telepon

Jakarta, IDN Times - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan komunikasi via telepon dengan Menteri Pertahanan Lloyd Austin III, pada Rabu, 24 April 2024 kemarin. Keduanya membahas soal hubungan pertahanan antara AS dan Indonesia.

“Menteri Austin kembali menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Joe Biden kepada Menteri Prabowo atas kemenangannya baru-baru ini dalam pemilihan presiden Indonesia,” sebut pernyataan dari Kedutaan Besar AS di Jakarta, Jumat (26/4/2024).

1. Pentingnya modernisasi militer Indonesia

Selain itu, Prabowo dan Austin juga membicarakan terkait isu-isu keamanan regional dan global serta rencana memperdalam kerja sama.

“Menteri Austin dan Menteri Prabowo menegaskan kembali pentingnya modernisasi militer Indonesia, dan membahas niat bersama kedua negara untuk memperdalam interoperabilitas melalui kerja sama yang lebih erat dalam bidang kemampuan pertahanan udara dan maritim,” lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga: PDIP Gugat ke PTUN, Pelantikan Prabowo dan Gibran Dinilai Tetap Aman 

2. Apresiasi bantuan Indonesia ke Gaza

Prabowo-Menhan AS Bahas Modernisasi Militer IndonesiaTNI Angkatan Udara (AU) berhasil distribusikan bantuan bagi warga Gaza melalui udara dan berkolaborasi dengan AU Yordania. (Dokumentasi Kemhan)

Austin juga mengucapkan terima kasih ke Prabowo atas bantuan kemanusiaan Indonesia yang baru-baru ini diterjunkan di Gaza, dan menekankan peran penting Indonesia sebagai pemimpin terkait isu-isu global.

Austin juga menekankan pentingnya nilai-nilai bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia, dua negara demokrasi terbesar di dunia. Kedua menteri menegaskan kembali pentingnya menjaga aturan serta norma internasional dalam menjaga Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

3. Biden telepon Prabowo ucapkan selamat menang pilpres 2024

Prabowo-Menhan AS Bahas Modernisasi Militer IndonesiaPresiden Amerika Serikat Joe Biden (instagram.com/joebiden)

Pada Sabtu, 23 Maret 2024 yang lalu, Biden juga menelepon Prabowo untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya di pemilu Indonesia 2024.

“Presiden Biden dan Presiden terpilih Prabowo memuji AS dan Indonesia yang merayakan 75 tahun hubungan diplomatik dengan dilandasi nilai-nilai bersama, yaitu demokrasi dan pluralisme,” sebut pernyataan Kedubes AS kala itu.

“Presiden Biden berjanji untuk memperluas kerja sama dengan Indonesia di bawah Kemitraan Strategis Komprehensif AS-Indonesia dan Kerangka Ekonomi Indo-Pasifik, serta bekerja sama menuju Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman,” demikian bunyi pernyataan itu.

Baca Juga: Siap Gabung Koalisi Prabowo, PKB Pastikan Tak Rusak Harmonisasi KIM

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya