Pramuka Indonesia Catat Sejarah Kontingen di Jambore Dunia

Ada pesan Jokowi untuk memperkenalkan Indonesia

Jakarta, IDN Times - KBRI Seoul tengah menyambut kedatangan kontingen Pramuka Indonesia yang akan mengikuti Jambore Dunia ke-25 di SaeManGeum, Korea Selatan (Korsel). Kedatangan kontingen Indonesia, disebut KBRI Seoul, jadi pertanda makin eratnya hubungan diplomatik Indonesia-Korsel yang sudah berjalan 50 tahun.

"Suatu kebanggaan bagi keluarga besar KBRI Seoul yang sedang merayakan peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Korsel, dan menyambut adik-adik Pramuka Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Korsel, Gandi Sulistiyanto, dalam keterangan tertulis KBRI Seoul yang diterima IDN Times, Senin (31/7/2023).

1. Kontigen Indonesia merupakan yang terbesar dalam sejarah

Pramuka Indonesia Catat Sejarah Kontingen di Jambore DuniaKontingen Pramuka Indonesia yang ikut Jambore Dunia di Korsel. (dok. KBRI Seoul)

Total, kontigen Pramuka Indonesia tercatat ada 1.579 orang. Ternyata, ini adalah formasi kontingen terbesar dalam sejarah keikutsertaan Pramuka Indonesia dalam Jambore Dunia.

Gandi berharap dengan mengirimkan kontingen yang gemuk, visi emas Indonesia di 2045 bisa terealisasi lewat pendidikan Pramuka.

"Jambore Dunia di Korsel akan membuka wawasan dan menyiapkan adik-adik menjadi para pimpinan di berbagai lini tidak hanya di tanah air tetapi juga di lingkup internasional. Jambore Dunia merupakan kesempatan bagi adik-adik mengembangkan jaringan dan persahabatan dengan warga negara lain. A dream will remain a dream unless you implement it. Remember to stay humble and aim high for your success," ujar Gandi.

 

Baca Juga: 56 Ribu Anggota Pramuka Gabung Tenaga Cadangan Kesehatan saat Bencana

2. Sebanyak 43 ribu Pramuka dari 150 negara meramaikan

Pramuka Indonesia Catat Sejarah Kontingen di Jambore DuniaKontingen Pramuka Indonesia yang ikut Jambore Dunia di Korsel. (dok. KBRI Seoul)

Dalam Jambore Dunia yang digelar mulai 1 hingga 12 Agustus 2023, diperkirakan ada lebih dari 43 ribu Pramuka dari 150 negara. Mereka akan berkemah di SaeManGeum dan mengikuti sejumlah aktivitas besar bertema Draw Your Dream telah disiapkan oleh panitia Jambore Dunia dalam program bernama 4S dan ACT (Scouting for Life, Smart and Scientific, Safe and Secured and Sustainability and also Adventure, Culture and Tradition).

Selain itu, Kwarnas juga telah mempersiapkan berbagai acara yang tentunya perlu didukung oleh Pramuka seperti Pameran, Indonesia Food House, Indonesian Day, City Tour dan berbagai acara lainnya.

3. Dukungan Jokowi untuk peserta Pramuka Indonesia yang ikut Jambore Dunia

Pramuka Indonesia Catat Sejarah Kontingen di Jambore DuniaKontingen Pramuka Indonesia yang ikut Jambore Dunia di Korsel. (dok. KBRI Seoul)

Presiden RI Joko "Jokowi" Widodo juga menegaskan dukungannya untuk segala kegiatan Pramuka. Hal ini ia sampaikan ketika menerima Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Budi Waseso, pada 17 Juli 2023 lalu di Istana Negara.

"Beliau selalu akan mendukung kegiatan Pramuka dan beliau berpesan kaitannya sebagai Pramuka yang akan berangkat ke Jambore Dunia, untuk membawa misi memperkenalkan Indonesia," katanya.

Baca Juga: Kepulauan Seribu Siapkan Perayaan Tahun Baru 2023 di Pulau Pramuka

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya