Comscore Tracker

Putri Rodrigo Duterte, Sara Duterte Dilantik Jadi Wapres FIlipina

Sara Duterte resmi menjadi wakil presiden Filipina

Jakarta, IDN Times - Putri tertua Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Sara Duterte, telah dilantik dan disumpah menjadi wakil presiden. Ia bakal berpasangan dengan Ferdinand ‘Bongbong’ Marcos, presiden terpilih Filipina.

Dalam sumpahnya, Sara berjanji akan menyatukan rakyat dan pemerintah Filipina. Ia disumpah di samping Bongbong, yang bakal segera menggantikan ayahnya sebagai presiden.

1. Bakal memimpin bersama Bongbong selama enam tahun

Putri Rodrigo Duterte, Sara Duterte Dilantik Jadi Wapres FIlipinaBongbong Marcos (Twitter.com/Bongbong Marcos)

Untuk enam tahun ke depan, Sara akan memimpin Filipina di bawah pemerintahan Bongbong. Pemerintahan mereka secara resmi akan dimulai pada 30 Juni mendatang.

“Hari-hari ke depan mungkin penuh dengan tantangan yang menuntut kita untuk lebih bersatu sebagai bangsa,” kata Sara, dikutip dari BBC, Senin (20/6/2022).

Di Filipina, presiden dan wapres dipilih secara terpisah, pun untuk pelantikannya. Bongbong sendiri akan dilantik pada 30 Juni nanti.

“Jika semua meluangkan waktu sejenak untuk mendengarkan panggilan untuk melayani, saya percaya negara ini akan menuju masa depan penuh harapan keamanan, kekuatan, stabilitas, dan kemajuan,” ucap Sara.

Baca Juga: Profil Sara Duterte: Wakil Presiden Filipina yang Baru

2. Sara merangkap jabatan sebagai menteri pendidikan

Putri Rodrigo Duterte, Sara Duterte Dilantik Jadi Wapres FIlipinaWali Kota Davao dan putri Rodrigo Duterte, Sara Z. Duterte-Caprio (https://www.davaocity.gov.ph)

Popularitas Duterte tampaknya menurun ke putrinya. Pasalnya, sejumlah pemilih yang mendukung Duterte menganggap Sara dapat meneruskan kebijakan ayahnya.

Sebelum mencalonkan diri menjadi wapres, Sara adalah pengacara dan politikus Filipina. Ia menjabat sebagai Wali Kota Davao City dari 2010 hingga 2013 dan dari 2016 hingga 2022.
 
Ia juga sempat menjabat sebagai wakil Wali Kota Davao City dari 2007 hingga 2010.

Selain menjadi wapres Filipina, Sara juga menjabat sebagai menteri pendidikan. Statusnya yang juga seorang ibu, dianggap Bongbong dapat menjamin pendidikan untuk anak-anak Filipina.

3. Politik keluarga pemerintah Filipina

Putri Rodrigo Duterte, Sara Duterte Dilantik Jadi Wapres FIlipinaFedinand 'Bongbong' Marcos. (twitter.com/ Bongbong Marcos)

Bongbong dan Sara bakal melanjutkan politik keluarga di Filipina. Ferdinand Marcos Jr atau Bongbong Marcos unggul telak dalam pemilihan presiden Filipina tahun ini. Bongbong merupakan anak dari Ferdinand Marcos Jr, diktator yang memimpin Filipina 36 tahun silam.

Keluarganya menjarah miliaran dolar dari negara dan ayahnya menerapkan darurat militer pada 1972 silam, menandai salah satu periode tergelap dalam sejarah politik Filipina.

Keluarganya terpaksa keluar dari Istana Malacanang dan pergi ke pengasingan. Di pengasingan inilah, Marcos Sr meninggal dunia.

Pada 1990-an, keluarga Marcos diizinkan untuk kembali ke Filipina. Bongbong akhirnya terjun ke politik seperti ayahnya. Ia terpilih sebagai Gubernur Ilocos Norte, lalu anggota kongres dan senator.

Baca Juga: Bongbong Marcos: Presiden Terpilih Filipina Putra Mantan Diktator

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya