Qin Gang Dicopot dari Posisi Menlu China, Wang Yi Jadi Suksesornya

Posisi Menlu China kembali ditempati Wang Yi

Jakarta, IDN Times - Pemerintah China dilaporkan telah mencopot Qin Gang dari jabatannya sebagai menteri luar negeri. Posisi Menlu China kini ditempati lagi oleh Wang Yi, diplomat kawakan negara tersebut.

"Badan legislatif China memilih untuk menunjuk Wang Yi sebagai menteri luar negeri. Qin Gang telah dicopot dari posisi Menlu," sebut media pemerintah Xinhua, dikutip Al Jazeera, Selasa (25/7/2023).

Pengumuman ini dibuat setelah sebulan Qin Gang tidak muncul ke publik dan mengundang tanda tanya.

1. Banyak spekulasi yang muncul akibat absennya Qin Gang

Kementerian Luar Negeri China sempat mengatakan bahwa Qin Gang absen dalam pekerjaannya karena alasan kesehatan. Namun tak dijelaskan lebih rinci apa sakit yang diderita Qin Gang.

Qin juga tidak hadir pada gelaran pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta pekan lalu karena alasan kesehatan. China diwakili oleh Wang Yi, eks menlu yang kini menjabat sebagai direktur urusan luar negeri Partai Komunis China.

Baca Juga: Menlu Retno Bertemu Menlu China, Ini Isu yang Dibahas

2. Terakhir muncul di publik pada 25 Juni 2023

Menurut Kemlu China, Qin terakhir terlihat ketika menerima kunjungan pejabat dari Vietnam, Sri Lanka, dan Rusia di Beijing pada 25 Juni 2023 lalu.

Sebelumnya, Qin sempat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Antony Blinken pada 18 Juni 2023.

Setelah 25 Juni, Qin dilaporkan belum lagi terlihat di publik maupun di acara resmi kenegaraan.

Seharusnya pada 10 Juli 2023, Qin menerima kunjungan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Josep Borrell di Beijing. Namun pada 5 Juli 2023, Uni Eropa mengumumkan bahwa kunjungan Borrell dibatalkan tanpa menyebutkan alasannya.

3. Menduduki kursi Dubes China di Washington DC

Qin Gang Dicopot dari Posisi Menlu China, Wang Yi Jadi SuksesornyaMenteri Luar Negeri China Qin Gang. (dok. Kemlu RI)

Qin Gang bukan orang baru di lingkaran pemerintahan Presiden China, Xi Jinping. Qin dilantik menjadi menteri luar negeri pada Desember 2022 menggantikan Wang Yi.

Sebelum menjadi Menlu China, Qin menduduki kursi Duta Besar China untuk Amerika Serikat yang berkedudukan di Washington DC selama 17 bulan.

Qin juga telah menduduki sejumlah posisi penting di Kementerian Luar Negeri China, termasuk menjadi juru bicara pada 2005 dan 2014.

 

Baca Juga: Menlu China Qin Gang Absen dari Pertemuan ASEAN di Jakarta, Kenapa?

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya