Ribuan Orang Telanjang di Pantai Bondi Sydney, Ada Apa?

Ternyata mereka berkampanye soal kanker kulit

Jakarta, IDN Times - Setidaknya 2.500 orang rela melepaskan pakaiannya dan berpose telanjang di Pantai Bondi, Sydney, Australia, baru-baru ini.

Ternyata, acara tanpa busana ini merupakan kampanye soal kesadaran kanker kulit. Ribuan orang tersebut difoto oleh fotografer asal Amerika Serikat, Spencer Tunick.

Baca Juga: Foto Telanjang Viral, PM Finlandia Minta Maaf dan Membela Diri

1. Kanker kulit marak di Australia

Ribuan Orang Telanjang di Pantai Bondi Sydney, Ada Apa?ilustrasi menggunakan sunscreen (vecteezy.com/timonko.com_366397)

Dilansir dari Sky News, Selasa (29/11/2022), Tunick bekerja sama dengan sebuah badan amal terkait instalasi seni telanjang untuk meningkatkan kesadaran tentang kanker kulit.

Kanker kulit merupakan penyakit kanker yang paling umum di Australia.

Baca Juga: Pemimpin G7 Ejek Pose Putin Telanjang Dada di Atas Kuda 

2. Peserta sukarela menanggalkan pakaiannya

Sejumlah peserta mengaku tak ada paksaan atau permintaan terkait kampanye ini, melainkan mereka dengan sukarela menanggalkan pakaiannya untuk difoto.

Tunick yang memang terkenal dengan fotografi telanjangnya di sejumlah tempat terkenal di dunia, meminta para peserta berpose di pantai sebelum berenang di laut. Tunick juga pernah melakukan pemotretan massal terhadap 5.200 warga Australia di Sydney Opera House pada 2010 silam.

Baca Juga: Terlihat Remeh, tapi 5 Benda Ini Bisa Mencegah Kanker Kulit

3. Ada 17 ribu kasus kanker kulit di Australia

Sementara itu, pemerintah federal mengatakan tahun ini ada 17 ribu kasus baru kanker kulit yang ada di Australia dan lebih dari 1.200 warga meninggal akibat penyakit tersbeut.

“Kami memiliki kesempatan untuk meningkatkan kesadaran soal pemeriksaan kulit masing-masing dan saya merasa terhormat untuk datang ke sini, membuat karya seni untuk kesehatan,” ucap Tunick.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya