Rusia Bombardir Kiev, Hancurkan Pasokan dari Barat 

Setidaknya ada lima ledakan terdengar di Kiev

Jakarta, IDN Times - Pasukan Rusia kembali membombardir ibu kota Ukraina, Kiev. Rusia mengatakan serangan tersebut untuk mengancurkan sumbangan tank dari sekutu Ukraina.

Serangan ini disebut sebagai serangan yang cukup parah sejak kunjungan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Gutteres ke Kiev pada April 2022 lalu.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan serangan tersebut menghancurkan kendaraan lapis baja di pinggiran Kiev, yang merupakan pasokan dari Barat.

Baca Juga: Perkuat Kiev, Jerman Kirim Rudal IRS-T dan Sistem Radar ke Ukraina 

1. Ledakan terdengar di sejumlah distrik

Rusia Bombardir Kiev, Hancurkan Pasokan dari Barat Sistem pertahanan udara S-300 Ukraina (Wikipedia Commons)

Seorang saksi mata mengaku melihat asap mengepul dari arah Kiev usai ledakan, dilansir dari Al Jazeera, Senin (6/6/2022).

Sementara itu, sejumlah media Ukraina memberitakan setidaknya terdengar lima kali ledakan di Kiev, termasuk di dua distrik yaitu distrik Danytskyi dan Dniprovskyi.

Peristiwa ini terjadi satu hari usai pasukan Ukraina mengeklaim telah berhasil merebut kembali sebagian wilayah kota Severodonetsk dari cengekeraman Rusia.

Baca Juga: Perang Ukraina Terkini: Rusia Kuasai 20 Persen Ukraina

2. Saling klaim di Severodonetsk

Rusia Bombardir Kiev, Hancurkan Pasokan dari Barat Kota Sievierodonetsk, Luhansk, Ukraina. (dok. Twitter)

Pada pekan lalu, Rusia mengklaim bahwa mereka telah menguasai hampir sebagian besar dari Severodonetsk.

Namun, klaim itu dibantah oleh pasukan Ukraina. Mereka mengklaim tak lama setelah direbut Rusia, pasukan Ukraina berhasil merebut kembali kota tersebut.

Wali Kota Severodonetsk Oleksandr Stryuk mengatakan, pertempuran darat terus berlangsung sepanjang Sabtu (4/6/2022) kemarin. Pasukan Ukraina dan Rusia dilaporkan sama-sama menggunakan artileri.

3. Rusia incar kota lain di Ukraina

Rusia Bombardir Kiev, Hancurkan Pasokan dari Barat Suasana di sekitar wilayah Donbas, Ukraina. (Pixabay.com/igorkonovchenko)

Setelah gagal merebut ibu kota Kiev, Rusia lantas langsung mengincar kota lain, seperti Donbas. Saat ini, cengkeraman Rusia sedang meningkat di Severodonetsk.

kendali Rusia di Severodonetsk dan telah menyeberang Sungai Siverskyi Donets di Lysychansk akan membawa kendali penuh Rusia atas Luhansk, salah satu provinsi di timur Ukraina yang diklaim Moskow atas nama separatis.

Moskow disebut kini mengerahkan hampir seluruh pasukannya untuk berkonsentrasi di Severodonetsk.

Baca Juga: Rusia Hancurkan Biara Kuno di Ukraina, Zelenskyy: Depak dari UNESCO!

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya