Soal Troika Myanmar, Indonesia Lagi Konsultasi dengan Laos

Troika ini disepakati saat KTT ASEAN di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan bahwa saat ini Indonesia sedang berkonsultasi dengan Laos, yang merupakan ketua ASEAN tahun depan, terkait troika untuk membantu mengeluarkan Myanmar dari konflik.

Troika ini disepakati oleh para pemimpin ASEAN ketika KTT ASEAN di Jakarta pada awal bulan ini di mana ketua ASEAN sebelumnya yakni Kamboja, lalu ketua ASEAN tahun ini, Indonesia, serta Laos, untuk bekerja sama membantu Myanmar.

“Saat ini, soal troika sedang dalam konsultasi antara Indonesia dengan Laos,” kata Iqbal, dalam jumpa pers di Kemlu RI, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Baca Juga: Upaya Indonesia dan ASEAN Keluarkan Myanmar dari Konflik

1. ASEAN akui tidak ada kemajuan dalam implementasi Lima Poin Konsensus

Soal Troika Myanmar, Indonesia Lagi Konsultasi dengan LaosPara pemimpin negara ASEAN di KTT ke-43 ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Saat KTT ASEAN kemarin, Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, mengungkapkan, para pemimpin ASEAN mengakui bahwa tidak ada kemajuan yang signifikan implementasi Lima Poin Konsensus (5PC) dalam menangani konflik Myanmar.

“Semua memahami situasi yang sangat pelik, complicated, dan tidak mudah untuk diselesaikan. Semua pemimpin tadi sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Indonesia,” kata Retno, kala itu.

Indonesia sendiri sudah melakukan 145 pendekatan dalam sembilan bulan terakhir, sebagai ketua ASEAN. Retno menekankan, pendekatan ini adalah yang paling banyak dan paling intensif yang pernah dilakukan oleh ASEAN.

 

Baca Juga: Menlu Retno: Ada Troika untuk Tangani Isu Myanmar

2. Lima Poin Konsensus tetap jadi acuan utama ASEAN

Soal Troika Myanmar, Indonesia Lagi Konsultasi dengan LaosMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, 5PC diputuskan tetap menjadi acuan utama ASEAN untuk membantu menangani isu Myanmar.

“Para pemimpin mendesak penghentian kekerasan dan melanjutkan pendekatan dengan para stakeholders. Lalu keterwakilan nonpolitis Myanmar dipertahankan,” tegas Retno.

Retno melanjutkan, ASEAN juga berkomitmen untuk melanjutkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Myanmar yang membutuhkan.

3. Upaya Indonesia diapresiasi

Soal Troika Myanmar, Indonesia Lagi Konsultasi dengan LaosMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam pertemuan kemarin, lanjut Retno, para pemimpin juga mengapresiasi upaya Ketua ASEAN, Indonesia, dalam meningkatkan atau melanjutkan bantuan kemanusiaan.

“Karena untuk bantuan kemanusiaan, terjadi kemajuan, yang semula harus dilakukan hanya melalui kanal SAC, maka sekarang AHA Centre sudah dapat melakukan bantuan kemanusiaan ke pihak-pihak yang memerlukan,” katanya.

Baca Juga: PBB Apresiasi Indonesia Libatkan Semua Pihak di Konflik Myanmar

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya