Tiga Negara Ajukan Diri Jadi Mitra ASEAN, Ada Arab Saudi!

Diharapkan tiga negara ini bisa meneken traktat tahun ini

Jakarta, IDN Times - Direktur Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Sidharto Suryodipuro mengatakan bahwa ada 3 negara yang mengajukan diri untuk menjadi mitra ASEAN.

“Ada 3 negara yang siap menandatangani Traktat Persahabatan dan Kerja Sama Negara-negara ASEAN (TAC) adalah Arab Saudi, Panama dan Spanyol,” kata Arto, sapaan akrabnya, di Labuan Bajo, dikutip dari ANTARA, Selasa (9/5/2023).

Saat ini, Indonesia sebagai ketua ASEAN, sedang mengkoordinasikan kesiapan 3 negara tersebut untuk meneken traktat tahun ini.

1. Ada sejumlah negara lain yang ingin jadi mitra ASEAN

Tiga Negara Ajukan Diri Jadi Mitra ASEAN, Ada Arab Saudi!Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Sidharto Suryodipuro. (IDN Times/Sonya Michaella)

Arto menambahkan, ada sejumlah negara lain lagi yang ingin bergabung menjadi mitra ASEAN. Namun para pejabat tinggi ASEAN saat ini baru membahas kesiapan Saudi, Panama dan Spanyol.

“Harapannya aksesi bisa diselesaikan pada tahun ini,” ucap Arto.

TAC sendiri merupakan traktat yang bertujuan untuk menciptakan stabilitas politik dan keamanan di kawasan ASEAN, yang mengatur mekanisme penyelesaian konflik secara damai.

TAC diteken pada 1976 oleh 5 kepala negara pendiri ASEAN, termasuk Indonesia. Kemudian, TAC diamandemen pada 1987 untuk membuka aksesi negara-negara di luar kawasan.

Baca Juga: Indonesia Siap Bantu Timor Leste Jadi Anggota Penuh ASEAN 

2. ASEAN punya 12 mitrawicara

Tiga Negara Ajukan Diri Jadi Mitra ASEAN, Ada Arab Saudi!Ilustrasi ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Saat ini, ASEAN memiliki 12 mitra wicara yaitu Amerika Serikat (AS), Australia, India, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia Baru, China, Uni Eropa, Inggris dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

ASEAN juga punya hubungan dengan mitra-mitra wicara sektoral seperti Pakistan, Norwegia, Swiss dan Turki, serta mitra wicara pembangunan dengan Jerman.

3. Peran penting ASEAN yang berpengaruh di kawasan dan global

Tiga Negara Ajukan Diri Jadi Mitra ASEAN, Ada Arab Saudi!Menlu ASEAN di ASEAN Coordinating Council, Jakarta. (IDN Times/Sonya Michaella)

Pada pertemuan ASEAN Ministerial Meeting, Februari 2023 lalu di Jakarta, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi juga mengungkapkan bahwa banyak negara yang ingin menjadi mitra dari ASEAN.

Menurutnya, meningkatnya permohonan sejumlah negara untuk menjalin kemitraan dengan ASEAN ini, mengeaskan peran penting ASEAN sebagai organisasi yang berpengaruh di kawasan dan global.

Hal ini juga menunjukkan bahwa ASEAN memiliki kekuatan untuk menyelesaikan masalah dengan berdialog.

Baca Juga: Kapal China Dekati Kapal India-ASEAN di Laut China Selatan 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya