Wang Yi Jadi Menlu China Lagi, Ini Profilnya

Wang Yi pernah menjabat sebagai menlu dari 2013-2022

Jakarta, IDN Times - Diplomat top China, Wang Yi, kembali menduduki kursi menteri luar negeri China, usai Qin Gang dicopot semalam. Sebelumnya, Wang Yi menjabat sebagai Menlu China sejak 2013 hingga 2022 kemarin.

Wang Yi, berusia 69 tahun, adalah diplomat karir senior China yang fasih berbahasa Jepang. Ia pernah menjabat sebagai Duta Besar China di Tokyo dan Direktur Kantor Urusan Taiwan.

Dilansir dari Channel News Asia, Rabu (26/7/2023), Wang Yi kerap disebut sebagai Silver Fox atau rubah perak oleh media pemerintah China karena rambutnya yang beruban dan ‘tipu muslihat’ diplomatiknya.

Setelah turun dari kursi menteri luar negeri pada 2022 lalu, Wang Yi lantas menjabat sebagai Kepala Komisi Urusan Luar Negeri Partai Komunis China, badan pembuat keputusan kebijakan luar negeri tertinggi di negara tersebut.

1. Gaya diplomasi ‘prajurit serigala’ China

Wang Yi Jadi Menlu China Lagi, Ini ProfilnyaMenlu RI Retno Marsudi dan Menlu China Wang Yi di G20 FMM. (dok. Kemlu RI)

Beberapa rekan asingnya menilai Wang sebagai sosok yang ramah namun memiliki gaya diplomasi ‘prajurit serigala’ China yang cukup agresif.

“Tidak peduli seberapa pirang rambut Anda atau seberapa mancung hidung Anda, Anda tidak akan pernah menjadi oerang Eropa, Amerika atau Barat,” kata Wang kepada Korea Selatan dan Jepang, karena dianggap terlalu pro-Barat.

Baca Juga: Qin Gang Dicopot dari Posisi Menlu China, Wang Yi Jadi Suksesornya

2. Jadi mediator Arab Saudi dan Iran

Wang Yi Jadi Menlu China Lagi, Ini ProfilnyaDirektur Urusan Luar Negeri Komite Pusat Partai Komunis China dan eks Menlu China, Wang Yi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Setelah menduduki posisi baru, Wang Yi menjadi mediator antara Arab Saudi dan Iran pada Maret lalu. Saat ini, Saudi dan Iran pun sedang melakukan normalisasi hubungan bilateral masing-masing.

Dialog Saudi dan Iran pun berlangsung di Beijing dan sepakat untuk membuka kedutaan besarnya masing-masing di dua negara.

Kala itu, Wang Yi menegaskan China akan terus memainkan peran konstruktif dalam menangani masalah besar di kawasan dan siap menjadi tuan rumah dialog.

Baca Juga: Wang Yi: AS Harus Memilih Kerja Sama atau Konflik dengan China

3. Qin Gang dicopot dari posisi Menlu China

Wang Yi Jadi Menlu China Lagi, Ini ProfilnyaMenteri Luar Negeri China Qin Gang. (dok. Kemlu RI)

Sementara itu, pencopotan Qin Gang dari posisi Menlu China hingga kini masih menjadi tanya tanya. Qin Gang menggantikan Wang Yi per Desember 2022, yang berarti hanya tujuh bulan Qin Gang bertugas sebagai Menlu China.

"Badan legislatif China memilih untuk menunjuk Wang Yi sebagai menteri luar negeri. Qin Gang telah dicopot dari posisi Menlu," sebut media pemerintah Xinhua.

Pengumuman ini dibuat setelah sebulan Qin Gang tidak muncul ke publik dan mengundang tanda tanya.

Kementerian Luar Negeri China sempat mengatakan bahwa Qin Gang absen dalam pekerjaannya karena alasan kesehatan. Namun tak dijelaskan lebih rinci apa sakit yang diderita Qin Gang.

Qin juga tidak hadir pada gelaran pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta pekan lalu karena alasan kesehatan dan diwakilkan oleh Wang Yi.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya