Yordania Tembak Drone Iran, Mulai Bantu Israel?

Yordania tembak drone Iran di wilayah udaranya

Jakarta, IDN Times - Yordania dilaporkan membantu Israel menembak jatuh puluhan drone Iran yang dikirim kemarin dini hari. Pasukan Yordania menembak drone tersebut yang berada di wilayah udara Yordania, yaitu Lembah Yordania.

Menanggapi aksi tersebut, Iran mengancam akan menyerang Yordania jika negara tersebut ikut membantu Israel.

“Pasukan Yordania juga menembak drone Iran yang menuju Yerusalem serta drone yang berada di perbatasan Irak-Suriah,” sebut salah seorang sumber keamanan Israel, dikutip dari Times of Israel, Senin (15/4/2024).

Dilansir dari DW, pemerintah Yordania menegaskan bahwa pencegatan drone Iran tersebut karena masuk ke wilayah udara mereka dan merupakan ancaman bagi masyarakat dan penduduk Yordania,.

“Beberapa pecahan drone jatuh di wilayah kami tanpa menyebabkan kerusakan,” sebut pernyataan Yordania.

Baca Juga: Subsidi BBM Terancam Membengkak jika Iran-Israel Memanas

1. Yordan dukung Palestina atau Israel?

Yordania adalah salah satu negara Arab yang menggaungkan pembelaan keras terhadap Palestina serta menyerukan gencatan senjata segera di Gaza.

Yordania juga menjadi penjaga dari kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem, wilayah yang penting bagi agama Islam, Yahudi dan Kristen. Yordania juga mau tak mau harus bekerja sama dengan Israel dalam memastikan bahwa kompleks suci tersebut terjaga aman. Secara geografis, Yordania juga berbatasan dengan Israel.

Yordania yang juga kawan dari Amerika Serikat (AS) benar-benar harus menyeimbangkan semua kepentingan mereka di dalam konflik Palestina dan Israel ini.

2. Negara-negara Arab juga disebut bantu Israel

Sementara itu, media Inggris The Economist, melaporkan bahwa negara-negara Teluk, termasuk Arab Saudi, diduga juga membantu Israel dalam menahan serangan Iran, secara tidak langsung.

“Negara-negara Teluk, termasuk Arab Saudi, mungkin juga memainkan peran tidak langsung, karena mereka menjadi tuan rumah sistem pertahanan udara, pengawasan dan pengisian bahan bakar negara-negara Barat, yang membantu Israel,” sebut laporan media tersebut.

Baca Juga: Konflik Iran-Israel Bikin Was-was Ganggu Jalur Dagang via Laut Merah

3. Iran luncurkan ratusan drone ke Israel

Yordania Tembak Drone Iran, Mulai Bantu Israel?Iran luncurkan penyerangan udara ke langit Israel dengan drone. (x.com/clashreport/subodhrebel)

Iran melepaskan sekitar 300 drone dan misil dalam serangan ke Israel pada Sabtu malam, 13 April 2024. Salah satu sasarannya instalasi militer di dataran tinggi Golan.

Serangan dilakukan Iran sebagai balasan atas serangan jet tempur Israel yang mengebom kantor konsulat Iran di Damaskus dan menewaskan petinggi Garda Revolusi Iran. Kondisi ini semakin memperburuk hubungan dua negara yang kian memanas di hari-hari terakhir.

"Sebagai tanggapan pembalasan terhadap agresi militer berulang-ulang rezim Zionis di mana menyebabkan kesyahidan para penasihat militer resmi Iran yang secara resmi hadir di Suriah," demikian pernyataan Kedutaan Besar Iran di Jakarta, kemarin.

Baca Juga: Menilik Sejarah Perang AS dan Iran 1979, Warga Amerika Disandera

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya