Ada Rencana Pembakaran Al-Qur'an, Kedubes Swedia di Irak Dibakar Warga

Swedia izinkan pembakaran Al Quran di depan kedubes Irak

Jakarta, IDN Times - Ratusan warga Irak menyerbu kedutaan Swedia di Baghdad tengah pada Kamis (20/7/2023) dini hari waktu setempat. Mereka masuk dengan memanjat dan membakar gedung kedutaan, sebagai protes atas rencana pembakaran Al-Qur'an di Stockholm.

Kementerian Luar Negeri Swedia lantas mengutuk serangan tersebut dan menyoroti pemerintah Irak soal pentingnya melindungi misi diplomatik. Pihaknya menambahkan, semua stafnya di kedutaan berhasil diamankan. 

Baca Juga: PM Swedia Buka Suara soal Pembakaran Al-Qur'an di Negaranya

1. Dua orang di Swedia diizinkan bakar Al Quran dan bendera Irak

Melansir Reuters, mereka yang menyerbu kedutaan Swedia adalah massa pendukung ulama Syiah terkemuka di Irak yakni Muqtada al-Sadr. Mereka mengamuk usai mendengar rencana soal pembakaran Al-Qur'an untuk kedua kalinya di Stockholm.

Pada Rabu, polisi Swedia mengizinkan aksi demo di luar kedutaan Irak di Stockholm. Pihaknya menambahkan, dua orang yang mengajukan permohonan itu akan berpartisipasi untuk demo hari Kamis.

Sementara, kantor berita Swedia TT menyebut kedua orang tersebut berencana membakar Al-Qur'an dan bendera Irak. Media itu juga melaporkan salah seorang di antara keduanya pernah membakar Al-Qur'an di luar masjid Stockholm pada Juni lalu.

Baca Juga: Rusia Kecam Pembakaran Al-Qur'an di Swedia

2. Massa pendukung Muqtada al-Sadr bakar kedutaan Swedia

Ada Rencana Pembakaran Al-Qur'an, Kedubes Swedia di Irak Dibakar WargaPotret Muqtada al-Sadr, ulama syiah Irak (twitter.com/AlWeghar)

Sebelumnya, kepolisian Swedia menolak memberi izin untuk sejumlah aksi protes, termasuk rencana pembakaran Al-Qur'an dengan alasan keamanan. Tetapi, pengadilan pasca putusan polisi mengatakan setiap aksi protes dilindungi oleh undang-undang soal kebebasan berekspresi di negara tersebut.

Beberapa video yang diposting di grup One Baghdad di Telegram menunjukan, massa berkumpul di sekitar kedutaan Swedia pada Rabu pukul 1 pagi dan meneriakkan slogan pro-Sadr. Sekitar satu jam kemudian, mereka menyerbu kompleks kedutaan.

"Ya, ya untuk Al-Qur'an," teriak pengunjuk rasa, mengutip France 24.

Sejumlah rekaman video menunjukkan suatu asap yang berasal dari sebuah gedung di kompleks kedutaan Swedia. Massa juga terlihat berdiri di atap gedung tersebut.

3. Irak langsung kerahkan pasukan keamanan

Ada Rencana Pembakaran Al-Qur'an, Kedubes Swedia di Irak Dibakar WargaIlustrasi polisi (unsplash.com/AJ Colores's)

Kementerian Luar Negeri Irak lantas mengutuk aksi tersebut. Pihaknya mengatakan otoritas telah meminta pasukan keamanan gelar penyelidikan, mengidentifikasi pelaku dan meminta pertanggung jawaban mereka, mengutip CNN.

Beberapa saksi mata mengatakan pasukan keamanan Irak telah dikerahkan ke dalam kedutaan pada Kamis menjelang fajar. Sementara, petugas pemadam kebakaran sibuk memadamkan api yang membara di gedung kedutaan.

Meskipun sebagian besar demonstran telah bubar, pasukan keamanan terlihat menyerang puluhan demonstran yang masih berkeliaran di luar kedutaan. Massa awalnya merespons kedatangan aparat dengan melempar batu ke arah mereka.

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya