Putin Ternyata Bertemu Prigozhin usai Wagner Batalkan Kudeta 

Wagner tegaskan setia kepada Putin

Jakarta, IDN Times - Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov membenarkan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah berbicara dengan bos Wagner Group Yevgeny Prigozhin pada Senin (10/7/2023). Pertemuan terjadi beberapa hari setelah Putin mengecam pemberontakan singkat Wagner terhadap Moskow.

Dilansir Reuters, Peskov mengatakan bahwa Putin mengundang 35 orang dalam pertemuan yang berlangsung tiga jam pada 29 Juni. Ia menambahkan, mereka yang hadir termasuk Prigozhin dan komandan Wagner lainnya.

"Satu-satunya hal yang dapat kami katakan adalah bahwa presiden memberikan penilaiannya atas tindakan perusahaan (Wagner) di garis depan selama Operasi Militer Khusus (di Ukraina) dan juga memberikan penilaiannya atas peristiwa 24 Juni (hari pemberontakan)," kata Peskov kepada wartawan, dikutip dari Reuters.

Baca Juga: Bos Wagner Disebut Kabur Usai Terima Jutaan Dolar dari Putin 

1. Para komandan Wagner tegaskan setia kepada Putin

Peskov menjelaskan, Putin telah mendengarkan penjelasan dari para komandan Wagner soal peristiwa sebelumnya. Presiden Rusia itu juga menawarkan mereka pilihan lebih lanjut untuk pekerjaan dan pertempuran.

Juru bicara itu menambahkan, para komandan Wagner telah menegaskan kembali kesetiaan mereka kepada Putin dalam pertemuan di Kremlin.

"(Para komandan Wagner) menegaskan bahwa mereka adalah pendukung setia dan prajurit kepala negara dan panglima tertinggi. Mereka juga mengatakan bahwa mereka siap untuk terus berjuang demi Tanah Air," ujar Peskov, mengutip ABC News.

Baca Juga: Presiden Belarus Akui Selamatkan Pemimpin Grup Wagner

2. Jenderal top Rusia muncul ke publik usai hilang pasca pemberontakan Wagner

Putin Ternyata Bertemu Prigozhin usai Wagner Batalkan Kudeta Ilustrasi bendera Rusia (pixabay.com/IGORN)

Sementara itu, Kepala Staf Umum Valery Gerasimov yang hilang dari publik sejak gagalnya pemberontakan, kini terlihat dalam unggahan video Kementerian Pertahanan Rusia. Rekaman itu tampaknya diambil sehari sebelum Gerasimov memerintahkan bawahannya untuk hancurkan fasilitas militer Ukraina. 

Rekaman ini menunjukan bahwa Putin masih mempertahankan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Gerasimov. Dua petinggi itu mulanya didesak mundur oleh Prigozhin karena tidak kompeten tangani invasi Rusia ke Ukraina.

3. Kronologi batalnya pemberontakan Wagner pada 24 Juni

Putin Ternyata Bertemu Prigozhin usai Wagner Batalkan Kudeta Ilustrasi kota Moskow (pixabay.com/Vlad Vasnetsov)

Melansir Al Jazeera, Prigozhin bersama anak buahnya jadi penentu kemajuan invasi Rusia ke Ukraina. Bos tentara swasta itu juga jadi yang pertama mengumumkan keberhasilan melawan tentara Kiev di beberapa garis depan pertempuran dan melampaui progres tentara Rusia.

Setelah pemberontakan berakhir, Prigozhin pindah ke Minsk pada 27 Juni. Ini merupakan hasil kesepakatan yang dimediasi Presiden Belarus Alexander Lukashenko agar pasukan Wagner akhiri pembelotan. 

Tetapi, pada Selasa (6/7/2023), Lukashenko mengatakan Prigozhin tidak lagi tinggal di Belarus dan pindah kembali ke Rusia. 

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya